6 TIPS KOMUNIKASI EFEKTIF DALAM BERDISKUSI

February 25, 2020 Tips

Dari dulu hingga saat ini komunikasi sangatlah penting dan berpengaruh untuk karir dan juga kehidupan sehari-hari.
Kemampuan berkomunikasi sangat beragam, baik komunikasi secara individual ataupun komunikasi secara berkelompok.

Nah sobat Onkarir!
Kali ini Onkarir akan membahas tips komunikasi efektif secara berkelompok. Disimak yuk!




1.) Mendengarkan orang lain hingga selesai

Termasuk dalam permasalahan yang sering terjadi dalam diskusi, kebanyakan dari kita selalu memotong pembicaraan orang lain tanpa mendengarkan hingga selesai.

Selain dianggap arogan memotong pembicaraan orang lain sangatlah tidak sopan dan menunjukan ketidakprofesionalan seseorang.

Terlebih lagi, saat memotong omongan orang lain, bisa jadi orang tersebut belum menyelesaikan poinnya atau belum mengutarakan intinya.

2.) Menggunakan Bahasa Umum

Berbicara menggunakan bahasa yang umum sangatlah dibutuhkan, terlebih jika kita berkomunikasi dengan orang yang berbeda latar belakang dengan kita.

Tujuan berkomunikasi adalah menyampaikan ide dan gagasan dengan tujuan dapat diterima dengan baik oleh pihak lawan bicara. Namun saat anda terlalu menggunakan bahasa yang terlalu teknis yang tidak dimengerti oleh lawan bicara, berarti anda telah melakukan komunikasi yang gagal.

Ada beberapa orang yang sengaja menggunakan bahasa yang terlalu teknis atau sulit dimengerti oleh orang kebanyakan demi menyombongkan diri dengan ilmu yang dimiliki, namun pada dasarnya, hal tersebut merupakan salah satu contoh teknik berkomunikasi yang gagal karena tidak bisa diterima oleh lawan bicara.

3.) Menjaga Kontak Mata

Sudah menjadi rahasia umum bahwa berbicara dengan menjaga kontak mata sangatlah efektif dalam suatu diskusi.

Ketika kita menatap mata seseorang saat berbicara itu menunjukan bahwa kita sedang menyerahkan telinga dan fikiran kita untuk fokus mendengarkan dan berusaha memahami apa yang sedang disampaikan.

Sebaliknya, lawan bicara anda pun akan merasa didengar dan dihargai.

4.) Objektif

Dalam diskusi kelompok, Anda tidak hanya berhadapan dengan orang-orang yang Anda sukai atau dekat dengan Anda. Akan ada momen di mana Anda harus berhadapan dengan orang yang mungkin pernah memiliki masalah pribadi atau tidak cocok dengan Anda. Dalam dunia kerja, hal tersebut bisa sangat mengganggu.

Siapapun orangnya, jika ia menyampaikan poin yang baik, usahakan untuk bersikap objektif dan berkomentar terhadap gagasan atau ide yang disampaikan.

Jangan biarkan masalah pribadi menutup diri dan pandangan Anda terhadap apa yang disampaikan. Dengan begitu, Anda bisa menjaga profesionalisme Anda.

5.) Berpikiran Terbuka

Diskusi berarti mencari jalan tengah atau suatu hal yang disepakati bersama. Saat Anda mengutarakan sebuah ide namun ditolak oleh sebagian besar orang, janganlah berkecil hati atau diambil hati. Ambillah positifnya bahwa Anda dan tim sudah sepakat untuk memilih suatu keputusan yang dianggap baik bersama dan akan dijalankan dengan sepenuh hati.

Memang terkadang kita merasa bahwa apa yang kita pikirkan adalah hal yang terbaik untuk semua pihak, namun jika masyarakat atau sebagian besar partisipan diskusi berkata lain, usahakan untuk tidak diambil hati dan ambil positifnya saja. Dengan begitu, profesionalisme Anda terjaga dan tim Andapun akan lebih erat lagi.

6.) Menjaga Bahasa Verbal dan Bahasa Tubuh

Nah, ini juga yang terkadang sulit untuk sebagian orang. Saat berdiskusi dan berbicara di depan banyak orang, usahakan untuk tidak hanya menjaga bahasa verbal Anda saja, namun juga bahasa tubuh. Biasanya, kesulitan untuk menjaga bahasa tubuh hadir saat ide atau gagasan Anda ditolak oleh umum. Saat hal tersebut tiba, usahakan untuk tidak menunjukan rasa ketidaksukaan, apalagi marah dan tersinggung terhadap suatu pihak. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk Anda memiliki sikap berpikiran terbuka untuk dapat menjaga bahasa tubuh Anda.

Nah itu dia beberapa tips dari Onkarir agar diskusi semakin hangat dan efektif.
Oiya untuk yang sedang mencari info terkait lowongan kerja bisa langsung kunjungi website kami ya di https://onkarir.com/
More info tentang tips, quotes dan lowongan kerja bisa juga ke instagram kita di https://www.instagram.com/0nkarir/