7 Soft Skill Yang Perlu Dimiliki Generasi Milenial

December 23, 2020 Uncategorized

Soft Skill adalah kepribadian, kemampuan komunikasi atau atribut personal yang memang dibutuhkan untuk dapat memberikan performa baik di dalam sebuah pekerjaan. Kemampuan yang kamu miliki akan menunjukan bagaimana mudah berinteraksi dengan lingkungan. Berikut adalah 7 Soft Skill yang perlu dimiliki generasi milenial!




1. Percaya Diri

Rasa percaya diri merupakan kombinasi antara keyakinan pada kemampuan dan penghargaan kepada diri sendiri, adalah aspek yang sangat penting dalam kehidupan seorang manusia. Keyakinan pada kemampuan adalah perasaan ataupercaya bahwa kita dapat melaksanakan berbagai tugas atau mencapai tujuan dalam hidup.

2. Berpikir kreatif 

Persaingan dunia pekerjaan  sangatlah berat. Oleh karena itu, kamu mau tidak mau harus bisa berpikir kreatif dan bisa memasarkan diri dengan kreatif. Kemampuan berpikir kreatif juga dapat memberikan ide atau solusi unik untuk memecahkan suatu masalah. Orang kreatif biasanya lebih terbuka  terhadap ide-ide baru dan berani mengambil risiko.

3. Berpikir kritis

Kemampuan berpikir kritis digunakan untuk melihat segala sesuatunya lebih jernih dan rasional. Kamu harus bersikap rasional terhadap apa yang kamu percayai dan harus dilakukan.  Kemampuan berpikir kritis bisa menuntunmu untuk memahami gagasan yang logis, mengidentifikasi dan mengevaluasi sebuah konsep, dan mendeteksi kebenaran dari konsep tersebut.

4. Memiliki Kecerdasan Emosional 

Kecerdasan emosional adalah kemampuan untuk mengatur emosi di dalam diri. Emosi itu bisa marah, kecewa, sedih, senang, dan lain-lain. Mereka mampu mengaturnya di dalam situasi-situasi yang tepat. 

5. Skill Negosiasi

Negosiasi memiliki arti dua pihak atau lebih yang memiliki tujuan yang berbeda mendiskusikan masalah mereka untuk mencari jalan keluar. 

6. Public speaking

Public speaking merupakan soft skill yang cukup sulit bagi sebagian orang. Banyak sekali orang yang merasa tidak mampu berbicara di depan umum sehingga memilih untuk tidak melakukannya. Pada awalnya mungkin memang terlihat menakutkan, tapi satu-satunya cara untuk dapat menguasainya adalah kamu harus melakukannya sesering mungkin hingga akhirnya kamu terbiasa melakukannya.

7. Memiliki skill kepemimpinan yang baik

Keterampilan yang tidak kalah penting dimiliki generasi muda adalah skill kepemimpinan yang baik. Sebagai seorang individu, kamu tidak hanya membutuhkan skill manajemen diri yang baik saja, tetapi kamu juga perlu memiliki skill kepemimpinan yang baik. 

Nah, itulah 7 Soft Skill yang perlu dimiliki generasi milenial untuk dilakukan sejak dini agar kamu bisa memberikan performa baik di dalam sebuah pekerjaan. Jadi, mari memulai menerapkan soft skill ini selagi muda ya sob.

Sampai ketemu di kesempatan selanjutnya ya sob.

Untuk informasi lengkap tentang info lowongan kerja silahkan kunjungi Onkarir.com