Silakan tunggu 5 detik...

Perbedaan Apple Iphone 11 vs 11 Pro vs 11 Pro Max


Pada bulan September 2019 Apple kembali merilis produk barunya yakni Iphone 11 yang memiliki tiga varian. Varian yang paling rendah diberi nama Iphone 11, varian menengahnya ditambah Pro, varian paling tinggi diberi tambahan Pro Max. Disini kita akan bahas apa perbedaan dari ketiga varian baru Iphone 11 tersebut.

Apple konsisten merilis produk iphone terbarunya setiap tahun sekitar bulan September, pada tahun 2018 september iPhone jga memperkenalkan iphone 10 nya.

Sebelumnya kita bahas perbedaan paling signifikan antara Iphone 11 dengan versi sebelumnya yakni Iphone 10 pada bagian iOS dan processornya. iPhone 10 menggunakan iOS 12 sedangkan pada iPhone 11 menggunakan iOS 13 sedangkan dari sisi processor, iPhone 10 menggunakan A12 dan iPhone 11 menggunakan A13. Pada varian tertinggi iPhone Xs Max yang menggunakan processor Apple 12 Bionic mendapat skor antutu 354.804 sedangkan pada varian tertinggi iPhone 11 Pro Max yang menggunakan processor Apple 13 Bionic mendapat skor antutu 462.089. Bisa dilihat perbedaan skor antutu disini selisihnya 100.000 sehingga bisa dibayangkan sebesar apa perbedaan performa processor apple yang baru ini.

Perbedaan varian iPhone 11

Mari kita bahas lebih detail mengenai perbedaan antara iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone Pro Max:

Design

iPhone masih konsisten menggunakan poni pada bagian layarnya dan tidak terpengaruh dengan brand lain yang berlomba-lomba memberikan inovasi layar full mulai dari pop up camera, hole layar, swipe layar dsb.

iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max

Dari segi design yang paling membuat beda adalah iPhone 11 karena masih menggunakan dual camera. Sedangkan pada versi iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max memiliki tambahan 1 kamera dibagian belakang.

Performance & Hardware

Pada varian iPhone 11, Pro, dan Pro Max tidak ada perbedaan dari segi Processor, RAM, dan GPU. Semua varian iPhone 11 menggunakan Apple 13 Bionic, 4 GB RAM dan Apple 4 core GPU.

Screen

  • iPhone 11: Menggunakan layar LCD IPS dengan ukuran 6.1″
  • iPhone 11 Pro: Menggunakan layar OLED dengan ukuran 5.8″
  • iPhone 11 Pro Max: Menggunakan layar OLED dengan ukuran 6.5″

Fitur-fitur yang hanya ada di varian iphone 11 Pro dan 11 Pro Max pada bagian screen yakni:

  • Scratch resistant
  • Super Retina XDR
  • True Tone display
  • Wide Color display (P3)
  • Wide color gamut

Camera

Triple Camera iPhone 11 Pro Max

Pada varian terendahnya iPhone 11 masih menggunakan dual camera dengan resolusi kamera selfie dan utamanya 12.2 Mpx, sedangkan pada iphone Pro dan Pro Max versi yang lebih tingginya telah menggunakan triple camera dengan resolusi kamera selfie dan utamanya 12 Mpx.

Battery

Perbedaan terakhir dari ketiga varian ini yaitu terdapat pada kapasitas baterai:

  • iPhone 11: 3110 mAh
  • iPhone 11 Pro : 3046 mAh
  • iPhone 11 Pro Max : 3969 mAh

Kesimpulan

iPhone 11 merupakan versi terendah dari iPhone yang masih memiliki pembeda cukup signifikan dengan 2 versi lainnya khususnya pada segi design dan kamera, Orang lain mungkin masih mengira iPhone 11 mu mirip dengan iPhone X, lain halnya dengan iPhone 11 Pro dan Pro Max yang sekilas pun orang bisa tau klo itu iPhone versi terbaru. Jadi agak nanggung klo gak beli yang Pro atau Pro Max, karena orang ngiranya itu bukan iPhone 11.

Apabila kamu telah memiliki iPhone X, menurut penulis belum waktunya untuk upgrade ke iPhone 11 ini. Dari segi perfoma iPhone X masih setara bahkan diatas rata-rata dibandingkan iPhone high end saat ini dengan skor antutu diatas 300.000an. Jika ingin terlihat beda pun, iPhone 11 masih tidak jauh beda dengan design iPhone X. Tunggulah sampai ada satu gebrakan baru dari Apple dari sisi design dan inovasi kamera depan serta fitur-fitur yang signifikan untuk upgrade iPhone X mu. Kecuali budgetmu tidak pas-pasan ga ada salahnya tiap taun ganti iPhone keluaran baru terus.

Dari segi design bagian depan penulis cukup kecewa karena iPhone hampir tidak melakukan perubahan apapun dari versi iPhone sebelumnya yang masih menggunakan layar berponi. Hal ini dikarenakan brand-brand lain seperti Samsung, Asus, Oppo, Vivo telah berinovasi memberikan beberapa opsi agar bisa full layar. Penulis berharap iPhone dapat memberikan inovasinya untuk memberikan solusi full layar hampir 100%.

Disisi lain penulis menganggap hal ini bertujuan untuk tidak mematikan pasar iPhone X yang dirilis pada tahun lalu sehingga konsumen tidak menganggapnya produk gagal. Semoga di keluaran iPhone terbaru tahun depan Apple sudah memberikan inovasi untuk full layar hampir 100% dan tidak lagi menggunakan layar berponi.