Silakan tunggu 5 detik...

10 Perbedaan Sistem Pendidikan Jepang dengan Indonesia


Siapa sih yang tak kenal Jepang? Negara yang memiliki keunikan dan kecanggihan teknologi yang sudah diakui di dunia. Penasaran ga sih bagaimana sistem pendidikan di Jepang? Sehingga bisa menghasilkan sumber daya manusia yang begitu luar biasa. Dan bagaimana perbandingannya dengan sistem pendidikan di Indonesia? yuk simak ulasannya!

1.) Terlambat Masuk Sekolah

Di Jepang jika ada siswa yang terlambat akan disuruh membuat surat perjanjian untuk tidak mengulangi lagi. Dan jika mengulanginya kembali maka siswa tersebut akan di beri sanksi skorsing.

Sedangkan di Indonesia ketika ada siswa yang terlambat masuk ke sekolah, hanya dimintakan surat izin masuk sekolah dan diberi sedikit hukuman. Seperti berdiri hormat di depan tiang bendera, membersihkan wc, push-up dan sebagainya. Kalau kayak gini sih siswanya ga akan kapok telat haha

2.) Etika dan Kedisiplinan

Siswa di Jepang baru bisa mengikuti ujian mata pelajaran jika sudah kelas 4 SD atau berumur 10 tahun. Selama 3 tahun mereka tidak dinilai seberapa pintar ilmu pengetahuan,tapi mereka di fokuskan untuk belajar tata karma.

Sedangkan di Indonesia kedisiplinan sangatlah kurang dan sangat sulit sekali untuk diterapkan. Bahkan dalam hal etika pun Indonesia sedang mengalami kemerosotan. Terbukti dengan banyaknya kasus guru yang dijebloskan ke penjara atau dipukuli oleh orang tua murid hanya karena menegur muridnya.

Bahkan yang membuat sangat miris,saat ini tidak sedikit para murid yang berani melawan dengan gurunya baik dengan perkataan maupun dengan serangan fisik. Yakin nih kita mampu bersaing dengan Jepang kalau generasi penerusnya seperti ini? hmm..

3.) Mata Pelajaran Sekolah

Mata pelajaran di Jepang lebih sedikit jadi, siswa bisa lebih fokus dalam belajar dan tidak merasa tertekan dengan pelajaran.

Sedangkan di Indonesia,seperti yang kita ketahui banyaknya mata pelajaran terkadang membuat murid merasa tertekan,stress dan jenuh. Sehingga murid di Indonesia sering mengeluhkan banyaknya mata pelajaran yang harus mereka pelajari di setiap semesternya. Gimana mau fokus sama keterampilannya ya..

4.) Penekanan Pada Siswa

Murid-murid di Jepang diajarkan untuk bisa berfikir kritis dalam kegiatan belajar mengajar.

Sedangkan para siswa di Indonesia mulai dari tingkat SD sampai tingkat atas selalu dihadapkan pada hafalan hafalan dan hafalan. Banyaknya nya hafalan bisa buat otak kami eror tuh buk guruu. Hafal saja kalau tidak paham kan percuma, hanya sesaat..

5.) Transportasi

Siswa di Jepang mulai dari sekolah dasar hingga tingkat atas dilarang keras menggunakan kendaraan bermotor baik roda dua atau roda empat kesekolah. Siswa di Jepang biasa berangkat menggunakan transportasi umum seperti kereta,bis ataupun sepeda. Bahkan siswa di Jepang juga banyak memilih untuk berjalan kaki menuju sekolah.

Sedangkan di Indonesia saat ini hampir banyak siswa kesekolah membawa kendaraan roda dua kesekolah. Bahkan banyak siswa membawa kendaraan roda empat kesekolah. Luar biasa yah.. mungkin anak-anak Indonesia ini kebanyakan anak sultan yaa hihi

6.) Perlengkapan Sekolah

Sekolah dijepang menuntut siswa untuk mengenakan sepatu khusus didalam bangunan sekolah. Hal itu dilakukan untuk menjaga kebersihan dan mencegah kotoran agar tidak terbawa masuk. Bahkan tidak hanya itu mereka juga menggunakan tas sekolah yang sama persis yang disediakan oleh pihak sekolah.

Sedangkan di Indonesa anak sekolahan malah berlomba-lomba memiliki tas dan peralatan sekolah yang super duper keren dan mahal. apalagi jika sudah memasuki semester baru duh siap-siap deh untuk saling pamer-pameran. Jadi berkurang deh fokus sekolah untuk menimba ilmunya, yang ada jadi ajang show off hahaha

7.) Menu Makan Siang

Di Jepang setiap orang makan-makanan yang sasma,siswa dilatih untuk memakan-makanan yang sama dan menyelesaikan makan siangnya dalam waktu yang sudah ditentukan. Semua siswa makan siang dengan gurunya dikelas.

Sedangkan di Indonesia siswa bebas membeli makanan di kantin atau membawa makanan dari rumah masing masing. Hayooo kamu tim mana nih yang suka jajan atau bawa bekal? hehe

8.) Kebersihan Sekolah

Di Jepang sekolah tidak bergantung pada petugas sekolah untuk membersihkan lingkungan sekolah. Setiap harinya sekolah dijepang diberikan waktu untuk kegiatan bersih-bersih yang dssebut O-Soji. Biasanya sehabis pulang sekolah sekitar pukul 3 sore, seluruh siswa dikelas gotong royong membersihkan lingkungan sekolah seperti membersihkan kelas,tangga,hingga toilet.

Sedangkan di Indonesia biasanya setelah lonceng pulang sekolah berbunyi para siswa langsung keluar kelas dan buru-buru meninggalkan sekolah.

Bahkan Toiletnya pun dibiarkan kotor setelah digunakan dan hanya menghandalkan petugas kebersihan sekolah untuk membersihkannya. Ditambah lagi laci-laci meja kelas biasanya penuh dengan sampah makanan. Sepertinya jika ada nominasi toilet terjorok se Indonesia, toilet sekolahan patut diperhitungkan untuk menjadi juara hehehe

9.) Seragam Sekolah

Bagi siswi perempuan di Jepang menggunakan seragam seperi baju pelaut dan siswa laki-laki berseragaram gaya militer hitam polos dengan lengan panjang dengan kerah tegap untuk dileher seperti tentara Jepang.

Bedanya dengan seragam yang ada di Indonesia,seragam di Indonesia memiliki banyak model yaitu seragam utama,batik dan pramuka.

Jadi gimana? yuk bagikan dan share ke temen-temen kalian, supaya kita ssadar dan bisa memperbaiki individu masing-masing. Kalo Jepang aja bisa, kenapa Indonesisa engga?