Silakan tunggu 5 detik...

7 Pekerjaan Paling Dibutuhkan Di Indonesia Tahun 2021


Di tengah perekonomian yang mengalami resesi akibat pandemi COVID_19, masih ada tujuh pekerjaan yang paling dibutuhkan di Indonesia pada tahun 2021. 

Jenis pekerjaan yang paling dibutuh di Indonesia tahun 2021 tersebut disampaikan oleh Menteri Ketenagakerjaan RI, Ida Fauziyah, secara virtual pada tanggal 12 Agustus 2020 lalu. Menurutnya pekerjaan yang dibutuhkan pada masa adaptasi kebiasaan baru berorientasi pada bidang big data, digital, dan pengembangan aplikasi berbasis teknologi informasi.


1. Apps Creator/Developer

Application developer adalah seseorang yang membuat dan menguji aplikasi yang didesain khusus untuk kebutuhan electronic computing. Salah satu tugas dari pekerjaan ini adalah mengatasai masalah (bugs) pada aplikasi yang kamu buat.

2. Digital Marketing

Digital marketing juga menjadi salah satu pekerjaan yang paling dibutuhkan di Indonesia pada tahun 2021. Berbagai sektor mulai menggunakan pemasaran secara digital dan adaptasi kebiasaan baru membuat berbagai hal dialihkan menjadi daring. Kebiasaan konsumen yang berubah dari luring menjadi daring adalah pemicu munculnya pekerjaan tersebut.

3. Web developer

pekerjaan paling dibutuhkan

Pekerjaan yang banyak dicari selanjutnya adalah web developer. Setiap perusahaan sekarang memiliki situsnya masing-masing. Agar masyarakat nyaman dalam mengaksesnya, situs harus mudah dan ramah digunakan.

4. Spesialis SEO

pekerjaan paling dibutuhkan

Semakin banyak bisnis dan perusahaan yang go online atau melibatkan internet dalam aktivitas usahanya. Semua ini memerlukan tenaga berpengalaman yang dapat memaparkan produk-produk perusahaan dengan baik.

Website idealnya juga terpampang pada halaman pertama rekomendasi mesin pencari agar dapat dijangkau banyak orang.

5. Praktisi Medis

pekerjaan paling dibutuhkan

Profesi dalam bidang kesehatan sampai kapan pun diprediksi akan selalu diminati dan dibutuhkan. Seiring meningkatnya populasi penduduk di seluruh dunia setiap tahunnya, kebutuhan akan tenaga medis juga turut bertambah. 

6.  Data Analyst

pekerjaan paling dibutuhkan

Data Analyst ini bertanggung jawab untuk membuat laporan yang dapat dipahami oleh manajemen perusahaan. Laporan tersebut merupakan paparan data yang didapatkan dari berbagai aspek terkait bisnis perusahaan.

Ini misalnya mulai dari produk, strategi marketing, logistik, riset market, dan lain-lain. Manajemen memerlukan laporan tersebut untuk merancang kebijakan demi kemajuan bisnis perusahaan.

7. Blogger

pekerjaan paling dibutuhkan

Dulu blogger bukanlah sebuah pekerjaan, melainkan hanya tempat menyalurkan hobi. Namun, saat ini, blogger telah jadi pekerjaan yang paling dibutuhkan tahun 2021.

Banyak produk memilih menggunakan blogger untuk memasarkan produk mereka setelah melihat identitas dan latar belakang para blogger yang ada saat ini.

Nah, itulah 7 Pekerjaan Yang Paling Dibutuhkan Di Indonesia Tahun 2021. Kalau diperhatikan semuanya memang sudah memasuki era digital ya, by the way apakah kalian sudah go online? Sudahkah memiliki website sendiri untuk profile, usaha, dan portofiolio? Yuk go online sekarang juga dan miliki website pribadi dengan konsultasi ke Artapuri.co.id. Ada jasa pembuatan website yang keren banget loh, kalian bisa juga custom design dan tentukan tema websitenya sesuai keingnan.