Silakan tunggu 5 detik...

Tips Sehat untuk Anda yang Bekerja di Depan Komputer


Halo Sobat Onkarir! Gimana kabarnya? Semoga selalu sehat yaa. Onkarir Blog kali ini akan membagikan artikel tentang Tips Sehat untuk Sobat yang Bekerja di Depan Komputer, Sebagai seorang yang sebagian besar waktunya dihabiskan di depan komputer, wajib rasanya untuk memperhatikan kesehatan tubuh. Pasalnya, mayoritas orang-orang yang bekerja di depan komputer mengalami masalah pada kesehatannya.

Sebagai contoh sederhananya, Sobat pasti pernah merasakan pegal-pegal pada bagian pinggul atau leher setelah bekerja selama beberapa jam. Memang hal ini tidak menjadi masalah yang terlalu serius bagi kita. Namun jika hal tersebut diabaikan, lambat laun tentu akan berdampak buruk bagi kesehatan kita, misalnya perubahan pada postur tubuh dan sebagainya.

tips

inilah Beberapa Tips tetap sehat meski Sobat seharian bekerja di depan komputer

1. Atur Jarak Pandang

tips

Atur jarak pandang Sobat terhadap komputer. Jika jarak pandang tidak seimbang, mata dan persendian Sobat akan berisiko mengalami gangguan seperti mata kering, sakit leher dan bahu.

Jarak pandang yang sesuai antara mata dengan komputer adalah 50- 100 cm. Ini adalah jarak yang direkomendasikan untuk penggunaan komputer. Duduklah dengan nyaman pada jarak tersebut, yakni posisi tubuh tegak,kaki dapat berpijak, dan punggung bersandar pada kursi.Pastikan bahwa semua teks dapat terbaca dengan jelas pada jarak pandang tersebut. Hal yang harus diperhatikan selain jarak pandang yang sesuai adalah postur tubuh. Pastikan kepala dan dada dalam posisi tegak, serta punggung dapat ditopang oleh sandaran kursi.

2. Berkedip

tips

Hal ini terkesan sederhana, namun sangat membantu Sobat mengurangi resiko gangguan pada mata. Apalagi untuk Sobat yang sering bekerja di depan komputer, selain berkedip menutup mata untuk beberapa saat juga bermanfaat untuk mengistirahatkannya.

3. Atur Tampilan Layar

tips

Atur besar kecilnya tampilan di layar komputer Sobat. Usahakan jangan terlalu kecil dan terlalu terang karena akan mengakibatkan mata Sobat kelelahan dan sakit kepala.Tips yang satu ini sangat Penting karna berpengaruh Terhadap kesehatan Mata.Sobat bisa memilih layar komputer jenis LCD (liquid crystal display) yang  tingkat radiasinya rendah. Jangan lupa, sesuaikan brightness dan contrast monitor, karena brightness (pencahayaan) yang terlalu terang atau terlalu buram ngga baik buat kesehatan mata. Jika pencahayaannya terlalu terang, mata akan menjadi silau dan jika terlalu buram, mata akan menjadi cepat lelah.

4. Perbanyak konsumsi Makanan yang Mengandung vitamin A

tips

Salah satu manfaat vitamin A yang paling terkenal adalah dapat menjaga kesehatan mata. Mencukupi kebutuhan nutrisi ini terbukti mampu melindungi mata dari kerusakan sel, menjaga penglihatan tetap taham, dan menurunkan risiko munculnya berbagai penyakit mata, seperti rabun senja dan degenerasi makula terkait usia.Mata membutuhkan vitamin A supaya tetap dalam kondisi baik. Vitamin A banyak terdapat pada sayur – sayuran, seperti wortel, ubi, labu kuning, bayam, tomat, dan buah – buahan seperti pepaya.

5. Istirahatkan Tubuh

tips

Sediakan waktu buat menggerakkan tubuh Sobat, seperti melakukan peregangan tubuh atau berjalan-jalan disekitar ruangan kerja.  Ini dilakukan untuk meregangkan otot dan melancarkan aliran darah.

6. Istirahatkan mata sejenak

tips

Sobat onkarir , kamu perlu mengistirahatkan dan mengendurkan otot-otot mata selama bekerja dengan komputer loh! Caranya, dengan mengalihkan pandangan mata Sobat ke ruangan lain, tanaman hijau atau menatap indahnya langit.

Selain itu, Sobat juga bisa melakukan hal ringan lain, seperti mengedipkan mata. Mengedipkan mata bisa membuat mata lebih lembab, karena mata akan mengeluarkan air mata yang akan menyebar ke seluruh permukaan kornea mata.

Cukup Sekian untuk artikel kali ini, semoga bisa bermanfaat bagi Sobat sekalian yaa. Bagi Sobat yang ingin memiliki sebuah website untuk kepentingan bisnis online Sobat bisa konsultasikan pada KAMI. Untuk info detail bisa langsung cek di SINI.

BACA JUGA : jaringan 5g Resmi Diluncurkan di Indonesia