Silakan tunggu 5 detik...

5 Tips Menjadi Orang yang Konsisten


Berbicara tentang konsisten sepertinya telah menjadi momok hampir semua orang karena setiap orang memiliki cara masing-masing untuk berusaha konsisten. Pola pikir yang masih enggan untuk mempriotitaskan suatu tujuan seringkali kita alami dalam kehidupan sehari-hari.

Konsistensi penting untuk memastikan tujuan tertentu mampu dicapai sebagaimana mestinya. Sayangnya, untuk mengimplementasi konsisten dalam aktivitas sehari-hari masih cukup sulit diterapkan.

Nah kali ini kita akan membahas 5 tips menjadi orang yang konsisten.

1. Memulai sesuatu dari yang sederhana

Memulai sesuatu dari yang sederhana

Jangan sering memberikan janji ketika kamu belum tentu mampu menepatinya. Konsisten dibangun untuk memastikan bahwa kamu benar-benar akan berusaha untuk mecapai tujuanmu. Jika yang Kamu lakukan tidak menjamin dapat dicapai, maka cobalah memulai sesuatu dari hal-hal yang sederhana. Hal ini dimaksudkan untuk meminimalisir kendala di saat kamu berusaha untuk menjalankannya.

Boleh saja kamu memiliki impian yang besar, namun tetap harus mempertimbangkan kemampuanmu untuk mencapainya, kecuali jika kamu dapat memastikan konsisten terhadap apa yang setiap kali kamu kerjakan.

Cobalah memulai sesuatu dengan mengasah kemampuan desain anda

2. Melatih untuk senantiasa bersabar

5 Tips Menjadi Orang yang Konsisten

Kendala terbesar konsisten adalah ketika kita tidak mampu menyikapi suatu kegagalan dengan baik. Mungkin Kamu pernah mengalami suatu kekecewaan yang kemudian mendorongmu putus asa? Begitulah konsistensi diri diuji.

Seringkali ditemukan ketika seseorang tengah mengejar suatu impian, alhasil berhenti di tengah jalan karena hasil sementara yang didapat kurang memuaskan. Padahal, jika dia tetap meneruskannya sekalipun banyak hambatan maka pasti hasil yang didapat akan lebih baik dari yang dia target.

3. Tidak malu mengakui kesalahan diri

Tidak malu mengakui kesalahan diri

Meski sedang berjuang menjadi orang baik, namun kamu tidak akan pernah lepas dari kesalahan. Kamu dan manusia lain di luar sana memang sedang sama-sama memperbaiki kesalahan. Termasuk mengurangi dan meminimalisir kekeliruan yang membuat hubunganmu dengan orang lain semakin memburuk.

Salah satu kebiasaan baik yang akan menuntunmu menjadi orang baik adalah berani mengakui kesalahan diri sendiri. Mungkin hanya kamu yang tahu apa yang kamu lakukan ini salah. Tapi tidak ada salahnya juga jika kamu mulai menyadari dan mengakui. Serta lebih dulu meminta maaf. Bukan untuk kebaikan orang lain, tapi demi kebaikanmu sendiri. Kamu harus menjadi manusia dengan keberanian tinggi untuk mengakui kesalahan, termasuk meminta maaf dan memperbaikinya.

4. Jangan Mudah Menyerah

Jangan Mudah Menyerah

Kita semua tahu bahwa yang namanya konsisten tentu tidaklah mudah, butuh usaha dan kerja keras yang tinggi agar bisa tetap konsisten. Disinilah anda benar-benar akan diuji, seberapa besar tekat dan kemauan anda untuk konsisten.

Maka jangan pernah menyerah, walau terkadang terasa malas, tetaplah berjuang, ingatlah impian dan tujuan anda.

5. Evaluasi secara berkala

Evaluasi secara berkala

Apakah Kamu telah mengetahui manfaat dari masing-masing tujuan yang ingin dicapai? Konsistensi juga membutuhkan penilaian terhadap apa yang kamu inginkan di masa mendatang.

Evaluasi secara rutin juga bisa membantumu semakin konsisten, terlebih jika apa yang Kamu kerjakan telah memberikan sinyal positif mengenai tujuan yang diharapkan.

Carilah motivasi-motivasi yang dapat mendorong kamu untuk semakin giat dan konsisten menyelesaikan suatu tujuan itu merupakan salah satu cara yang bisa kamu lakukan. Motivasi bisa didapat dari berbagai cara. Mengikuti seminar, workshop, sharing bersama orang-orang sukses, dan masih banyak lagi cara yang bisa Kamu lakukan untuk memotivasi diri.

Kunjungi blog-blog menarik kami lainnya di Onkarir