Silakan tunggu 5 detik...

10 Hal yang Bikin Kamu Sukses Saat Magang


Sebagai mahasiswa, boleh jadi saat ini kamu sedang mencari perusahaan yang menawarkan posisi internship atau kesempatan magang. Baik itu untuk melengkapi nilai semesteran atau untuk menambah pengalaman semata. Mungkin juga kamu baru saja lulus dan mencari posisi magang sebagai langkah pertamamu untuk memulai kariermu di dunia nyata.

Jangan Siasiakan Kesempatan Magang. Magang memberikan pengalaman berharga yang nantinya akan berguna saat kamu sudah kerja sungguhan. Singkat kata, magang membuat kamu tidak kaget dengan dunia kerja nantinya. Oleh sebab itu, lakukan hal-hal di atas agar magangmu lebih bermanfaat. Jangan lupa juga berperilaku baik karena kamu membawa nama baik kampus saat magang dan raihkan kesuksesan dalam berkarier nantinya.

Nah inilah 10 hal yang bikin kamu sukses saat magang

1. Raih eksposur sebanyak-banyaknya sebelum magang

10 Hal yang Bikin Kamu Sukses Saat Magang

Magang merupakan kesempatan untukmu mendapatkan pengalaman serta kemampuan baru untuk beberapa hal yang kamu bikin sukses. Namun, nggak ada salahnya untuk ‘mengantongi’ beberapa kemampuan sebelum memutuskan untuk magang di sebuah perusahaan karena itu akan jadi sebuah ‘tiket’ yang menguntungkanmu saat melamar posisi magang. Kemampuan tambahan itu bisa kamu dapatkan dengan mengikuti kegiatan belajar di kampus, menjadi panitia di acara tertentu yang mengasah kemampuan sosial dan organisasi, mengikuti kursus atau kelas tambahan di luar kampus, dan sebagainya.

2. Tanyakan banyak hal

10 Hal yang Bikin Kamu Sukses Saat Magang

Jangan malu untuk bertanya, terutama saat magang. Jika memang nggak tahu sesuatu yang berhubungan dengan pekerjaanmu, tanyakan pada rekan kerjamu dan perhatikan secara saksama pada jawabannya. Dengan bertanya, kamu menunjukkan ketertarikanmu untuk terus belajar dan melakukan hal-hal baru. Ketertarikanmu dalam belajar membantu atasanmu untuk melihat semangat dan potensimu.

3. Disiplin dan tepat waktu

Sifat disiplin dalam menaati aturan serta sifat tepat waktu merupakan kunci utama kamu dalam dunia magang. Tidak dapat dipungkiri, penampilan dalam dunia kerja dapat menunjang kualitas dirimu. Begitu juga sifat tepat waktumu akan memupuk kepercayaan orang-orang terhadap kamu dalam membantu pekerjaan mereka.

Adapun pentingnya hubungan baik dan disiplin dalam dunia kerja yang perlu kamu ketahui

4. Kelola kariermu

Di era yang serba cepat ini, kamu dituntut untuk proaktif untuk membangun kesuksesanmu sendiri. Jadi, kelola kariermu dengan terus berpikir ke depan, memperluas jaringan networking, dan membangun resume dirimu sendiri.

5. Bayangkan kamu bekerja di perusahaan itu sebagai karyawan

Selama magang, kamu dapat mengetahui budaya kerja di perusahaan tersebut. Tanyakan pada dirimu sendiri jika kamu membayangkan bekerja di tempat itu. Nggak semua kantor itu sempurna alias memiliki semua hal baik yang kamu idamkan pada satu tempat kerja. Namun tentunya, ada beberapa hal yang membuatmu merasa ingin bekerja di tempat magang itu. Boleh jadi budaya kerjanya, rekan kerja yang suportif, kesejahteraan yang baik, dan sebagainya.

6. Mengenal Lebih Dekat Profil Perusahaan

Tak kenal maka tak sayang adalah sebuah ungkapan yang sering diucapkan saat pertama kali berkenalan dengan seseorang. Rupanya hal tersebut tak hanya berlaku untuk mengenal seseorang melainkan untuk mengenal tempat perusaahaan Anda ketika sedang magang.

Tak hanya berlaku untuk para pegawai tetap tetapi untuk Anda karyawan  magang pun bisa diterapkan hal tersebut.

7. Temukan mentor saat magang

Baik magang hanya untuk kebutuhan nilai maupun magang untuk ‘menyicipi’ karier di dunia nyata, memiliki mentor di tempat magang dapat membantumu lebih sukses. Seorang mentor dapat memandumu selama magang untuk membentuk pengalamananmu, membantumu meningkatkan kemampuanmu, dan memfasilitasi perkenalan pada orang-orang yang dapat membawa kariermu ke jenjang yang lebih tinggi. Kamu bisa mendapatkan mentor secara otomatis dari perusahaan tempat magang atau kamu bisa mencari orang-orang yang menurutmu mampu menjadi mentormu.

8. Belajar untuk Mengambil Insiatif

Jangan terlena dengan waktu senggang saat Anda sedang bekerja. Justru waktu senggang yang Anda miliki bisa dimanfaatkan untuk bisa mengerjakan sesuatu diluar jobdesk yang diterapkan perusahaan kepada Anda. Hal tersebut bisa dimulai dari mengambil insiatif untuk bertanya pada mentor atau atasan Anda tentang pekerjaan apa yang bisa dibantu atau dikerjakan oleh Anda.

Dengan mengambil inisiatif tersebut, pihak perusahaan akan memandang Anda sebagai orang yang layak untuk diberikan sebuah tanggung jawab lebih. Dan ketika hal tersebut sudah Anda miliki, jangan merasa terbebani justru itulah kesempatan emas Anda untuk bisa masuk ke jajaran karyawan tetap di perusahaan tersebut.

Sikap insiatif berikutnya adalah bisa dengan memberikan ide atau masukkan jika Anda diikut sertakan dalam rapat dan diberikan kesempatan untuk menyampaikan sebuah gagasan yang ingin Anda lakukan. Jika saran ataupun ide Anda disambut baik oleh pihak perusahaan, bersiaplah untuk menerima tanggung jawab pekerjaan yang lebih besar dari apa yang Anda kerjakan saat itu.

9. Jaga Sikap

10 Hal yang Bikin Kamu Sukses Saat Magang

Jaga Sikap dan Perilaku juga penting. Ini hal yang bikin sukses. penting, karena berhubungan dengan nama baik almamater yang kita pakai, menjaga sikap dan perilaku di tempat PKL merupakan cerminan sikap seorang intelektual seperti, berpakaian rapi dan santun, sopan santun ketika masuk ke ruangan kerja, menyapa petugas dengan salam, bertanya disaat yang tepat, jangan bertanya disaat orang sedang sibuk, dan bertanyalah dengan pertanyaan selayaknya mahasiswa/pelajar, dan hindari bergerombol, mengobrol atau bercanda di ruangan kerja karena dapat mengganggu petugas yang sedang bekerja disekitar kita.

10. Key Of Succes

10 Hal yang Bikin Kamu Sukses Saat Magang

Jangan lupa berdoa agar kegiatan PKL anda bisa berjalan dengan lancar dan sukes. Inilah kunci keberhasilan kita, tanpa doa mungkin pekerjaan kita akan berat tapi dengan doa kita bisa meringankannya.

Semoga bermanfaat ya sobat yang masih dalam tahap praktek kerja lapang atau yang baru menjalankan.