Silakan tunggu 5 detik...

5 Cara untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Secara Kritis


Anda mungkin tidak asing dengan kata-kata “berpikir kritis”. Kemampuan ini mulai banyak dicantumkan sebagai persyaratan lowongan kerja. 

Apa sebenarnya kemampuan berpikir kritis? Pengertian dari berpikir kritis adalah kemampuan berpikir dimana kita tidak serta merta menerima informasi.  Berpikir secara kritis akan menuntun Anda untuk menanyakan kebenaran informasi. Kemudian menganalisa dan mengevaluasi apa yang Anda terima. Dari analisis tersebut Anda bisa mengambil keputusan secara logis dan benar. 

Ada beragam manfaat yang didapat dari berpikir kritis. Anda lebih bisa melihat masalah dari berbagai sudut pandang. Keputusan yang diambil lebih adil dan bisa dipertanggungjawabkan.

Berikut ini 5 Cara untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Secara Kritis

1. Pertanyakan Setiap Hal Kecil

Cara Meningkatkan Kemampuan Berpikir

Salah satu cara untuk menjadi orang yang skeptis adalah mulai mempertanyakan setiap hal kecil, tidak perlu hal yang jauh, cukup dimulai dari hal-hal di sekeliling Anda, misalnya, bagaimana cara lampu bohlam bekerja, atau bahkan bagaimana cara pulpen ditemukan, atau bagaimana proses hujan, dan berbagai hal lainnya yang ada di sekitar Anda. Dengan mempertanyakan, Anda secara tidak langsung akan mulai mencari jawabannya dan mengasah kemampuan berpikir kritis Anda.

2. Bertanyalah Jika Anda Berasumsi

Cara Meningkatkan Kemampuan Berpikir

Salah satu langkah awal sederhana yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis adalah dengan langsung mengajukan pertanyaan jika Anda berasumsi. Cobalah kurangi berasumsi dan perbanyak bertanya untuk mendapatkan kebenaran karena pada dasarnya asumsi adalah suatu hal yang belum dipastikan kebenarannya, namun perlahan bisa menggantikan kebenaran itu sendiri. Jadi, berhentilah berasumsi.

Baca Juga 10 Tips Cara Mengetahui Bakat Diri Sendiri

3. Mencari alasan yang logis

Cara Meningkatkan Kemampuan Berpikir

Suatu masalah pasti ada sebab dan akibatnya. Dalam berpikir kritis, Anda harus mencari sebab dan alasan yang logis. Jangan hanya berdasarkan “katanya” kemudian Anda menentukan sebuah keputusan. Berusahalah untuk selalu mencari alasan yang logis dari suatu masalah. Alasan yang logis bisa membantu Anda mendapatkan pilihan yang logis juga. Dengan demikian keputusan Anda lebih terpercaya dan akurat.

4. Mempertimbangkan segala kemungkinan

Cara Meningkatkan Kemampuan Berpikir

Cara meningkatkan kemampuan berpikir kritis lainnya adalah dengan mempertimbangkan segala kemungkinan yang dapat terjadi. Hal ini dapat dilakukan ketika kamu ingin mengambil keputusan atau melakukan sesuatu. 

Saat ingin melakukan apapun yang mungkin dapat memengaruhi orang lain, coba pertimbangkan hasilnya, baik itu positif maupun negatif.  Contoh pertimbangannya adalah “Apakah hal tersebut akan mengubah sesuatu? Jika iya, apakah perubahan tersebut positif atau negatif? Siapa saja yang akan terpengaruh oleh perubahan ini?”. Setelah mengetahui jawaban atas serangkaian pertanyaan tersebut, maka kamu dapat mempertimbangkan cara yang dapat digunakan untuk mengantisipasi berbagai macam situasi.

5. Tempatkan Diri Anda Di Posisi Orang Lain

Cara sederhana terakhir yang juga bisa Anda lakukan untuk mengasah kemampuan berpikir kritis adalah dengan mencoba menempatkan diri sendiri di posisi orang lain, selain meningkatkan rasa empati, Anda akan belajar mengerti dan mempelajari teknik berkomunikasi dan juga mengasah kemampuan untuk mengerti mengapa berbagai hal terjadi dari perspektif orang lain.

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa Anda coba untuk mengasah dan meningkatkan berpikir kritis. Semoga berhasil!.

Semoga ulasan diatas bermanfaat untuk Sobat dan jangan lupa jaga kesehatan yaa. Untuk informasi lengkap mengenai info peluang usaha bisa baca di Blog Artapuri