Silakan tunggu 5 detik...

Tips Membahas Keuangan bersama Pasangan Sebelum Menikah


Halo Sobat Onkarir tahu enggak sih? Membahas keuangan bersama pasangan sebelum menikah itu wajib dan sangat amat penting lho, karena memutuskan menikah dan berumah tangga bukan menjadi perkara sederhana. Semua aspek yang tadinya bergantung sepenuhnya pada keputusan sendiri, setelah menikah hampir semua hal perlu didiskusikan berdua dengan pasangan. Hal ini menjadi alasan mengapa membahas keuangan bersama pasangan sebelum menikah adalah hal yang penting. Sebab, keuangan menjadi salah satu faktor krusial dalam membangun rumah tangga. Dalam konten YouTube Raditya Dika, Prita Ghozie selaku Financial Planner menyebutkan sejumlah pertanyaan keuangan yang wajib dibahas bersama pasangan sebelum menikah. Apa saja sih, yuk langsung di simak.

Awali Membahas Keuangan dari Segi Maknanya Bagi Hidup Kamu

Coba ajukan pertanyaan pada masing-masing diri Sobat dan pasangan perihal makna uang. Apakah uang menjadi sumber kebahagiaan atau justru sumber kecemasan bagi Sobat? Hal ini bisa berupa gambaran baik ketika kondisi finansial Sobat baik-baik saja maupun saat mengalami krisis atau semacamnya.

BACA JUGA : Mau Kerja Online? Cari Lowongon Kerja Freelance Di Situs Onkarir

Tentukan Siapa yang Bertugas Mencari Nafkah

Sobat perlu menyamakan pandangan dulu nih bersama calon pasangan, apakah kesepakatan berdua menyatakan bahwa keuangan keluarga ditanggung berdua, yang berarti Sobat dan pasangan sama-sama bekerja, atau hanya satu pihak saja (entah istri saja yang bekerja, atau sebaliknya). Meski terdengar sepele, jangan anggap remeh pembahasan perihal ini. Sebab, hal ini menjadi faktor penting dalam pemasukan keuangan rumah tangga nantinya.

Pastikan Manager Keuangan

Tak hanya menentukan siapa yang mencari nafkah utama, Sobat dan pasangan juga perlu menentukan siapa yang akan menjadi “manajer keuangan” dalam rumah tangga. Perlu diingat, yang dimaksud “manager keuangan” ini tak hanya berarti bertugas membayar segala kebutuhan, melainkan juga memiliki kemampuan dalam mengalokasi dan menentukan prioritas. Tugas ini juga bukan berarti hanya bisa dilakukan oleh pasangan wanita, pasangan pria pun bisa melakukannya asalkan punya kemampuan dalam melakukannya.

Pembagian Uang Untuk Keluarga Besar

Seperti yang sering Sobat dengar bahwa pernikahan bukan saja menyatukan dua orang, melainkan juga dua keluarga besar. Sehingga hal ini juga perlu dimasukkan dalam pembicaraan keuangan Sobat sebelum menikah. Sebelum menikah, pastikan Sobat dan pasangan sudah membicarakan terkait gambaran keuangan yang nantinya melibatkan anggota keluarga lainnya. Hal ini bertujuan agar Sobat dan pasangan lebih siap jika dihadapkan pada pengeluaran tak terduga yang melibatkan anggota keluarga lain.

Apakah Ada Hutang yang Belum Lunas?

Hal ini mungkin terdengar sensitif bagi sebagian orang, tapi Sobat dan pasangan tetap wajib membahasnya sebelum menikah. Sekalipun Sobat atau pasangan memiliki hutang yang belum lunas, jangan jadikan hal tersebut sebagai penghalang pernikahan kalian ya. Alih-alih, jadikan sebagai motivasi untuk saling menyadarkan satu sama lain agar lebih berhati-hati dalam mengelola keuangan. Saling beri dukungan mental dan kalau bisa materi juga, agar hutang tersebut segera lunas dan tidak menjadi beban finansial rumah tangga Anda ke depannya.

Demikian artikel OnKarir kali ini semoga bermanfaat dan tetap jaga kesehatan yaa.

Jika saat ini Sobat sudah menikah, tapi belum pernah ada diskusi soal keuangan, ini saatnya untuk menginisiasi obrolan tersebut. Sobat bisa mulai dari obrolan santai di situasi yang menyenangkan atau bisa juga mengambil kelas perencanaan keuangan bersama pasangan sebelum menikah.

BACA JUGA : YouTube Memperluas Dana Shorts ke Lebih dari 70 Wilayah Baru