Silakan tunggu 5 detik...

Kadar pH Air Minum yang baik untuk tubuh


Hallo sobat onkarir, out of topic dari dunia pekerjaan dulu nih. Kalian mungkin sering mendengar kata-kata “pH”, entah itu di sekolahan ataupun saat kalian mendengarnya dengan menyambung nyambungkan pada air putih atau air minum.

Tapi sebelum itu, mari kita mengenal lebih dalam. Apa sebenarnya pH itu? Apa hubungan nya dengan air minum? Apa hubungan nya dengan kesehatan kalian? Yuk simak!

Apa itu pH air minum, manfaat dan perannya

pH atau Power of hydrogen adalah ukuran untuk menilai keasaman atau kebasaan dalam suatu cairan. Skala dari pH tersebut dimulai dari angka 1 hingga 14.

Air minum biasa memiliki tingkat pH 7, pH dengan skala ini di anggap netral (tidak asam dan tidak basa). Jika pH <7 (dibawah 7) maka akan disebut asam dan jika pH 7> (diatas 7) di anggap sebagai alkali (basa).

Contoh gambaran terkait pH, air laut (garam) memiliki pH rata-rata 8 karena basa, sedangkan cuka mempunyai tingkatan pH rata-rata 2 karena asam.

Menurut rekomendasi standar pH air minum yang baik adalah rentang 6,5 hingga 8,5.

Tapi alangkah baiknya kita mengetahui manfaat dan efek samping air minum yang memiliki pH tinggi (lebih dari 7) atau alkali

Manfaat dan efek samping air minum alkali pH tinggi >7 (lebih dari 7)

Air akali sempat menjadi pembicaraan luas sekitar tahun 2017an di Indonesia. Umumnya air alkali mengandung nilai pH yang tinggi dari air minum biasa kebanyakan, yaknik sekitar 8 hingga 9.

Beberapa orang percaya bahwa mengkonsumsi air alkali dapat mempercepat penyembuhan penyakit. Bahkan air alkali disebut0sebut bisa menghambat perkembangan penyakit yang kronis, seperti kanker.

Tapi, berikut penelitian tentang manfaat dan efek samping air alkali.

  • Penelitian terkait manfaat air alkali (pH lebih dari 7)

Ada beberapa studi yang menunjukkan bahwa air alkali bisa bermanfaat untuk orang-orang dengan suatu kondisi tertentu.

Sebuah penelitian melihatkan bahwa air alkali dapat menonaktifkan pepsin secara permanen. Pepsin merupakan suatu enzim yang sangat bertanggung jawab terhadap terjadinya refluks asam lambung manusia.

Selain itu, studi lain menyatakan bahwa pH air minum berpengaruh pada orang-orang dengan penyakit hipertensi, diabetes, dan juga kolestrol tinggi. Para peneliti menulis bahwa air alkali yang memiliki pH lebih tinggi dari 7 dapat menurunkan tingkat tekanan darah, kadar gula darah, dan lemak secara signifikan setelah diminum.

  • Efek samping air alkali (pH lebih dari 7)

Air alkali sebenarnya aman untuk dikonsumsi. Tetapi air ini memiliki resiko efek samping yang dapat terjadi setelah anda mengkonsumsi air tersebut.

Air alkali dapat menurunkan tingkat keasaman lambung alami anda. Padahal, asam lambungg berguna untuk memberantas suatu kuman atau bakteri yang berbahaya agar tidak masuk kedalam alirah darah kalian.

Terlalu banyak konsumi air alkali juga dapat menyebabkan alkalosis metabolik. Gejala ini dapat berupa anda mual, tangan gemetaran, muntah, otot berkedut dan sebagainya.

Berikut adalah manfaat dan efek samping yang terjadi jika kalian mengkonsumsi air alkali atau air yang memiliki pH tinggi di atas 7.

Standar pH air minum yang baik untuk dikonsumi dan untuk kesehatan tetap berada di rentang 6,5 dan 8,5. Jika pH diluar dari itu, memungkinkan kalian dapat terkena resiko yang terjadi.

Namun ada kondisi dimana manusia membutuhkan manfaat yang diperoleh dari air minum alkali. Contohnya adalah penderita penyakit dehidrasi saat olahraga dan penderita refluks asam lambung.

Lalu apa yang terjadi jika kalian mengkonsumsi pH air minum dibawah 7? dengan tingkat keasaman yang tinggi?

Efek samping air minum dengan kadar pH rendah (dibawah 7)

Jika kalian meminum air yang sangat rendah tingkat pH nya seperti dibawah 4, dapat menyebabkan efek korosif pada tubuh anda.

Selain memang tidak enak untuk dikonsumsi, air minum dengan pH rendah atau tingkat keasaman yang tinggi dapat mempengaruhi masalah reproduksi, menurunnya kemampuan pendengaran bahkan hingga bisa mengalami keguguran.

Jadi gimana? Sudah ada informasi yang didapat dari manfaat kadar pH air minum? Sangat penting untuk kalian menjaga dan mengetahui kadar pH dari suatu minuman.