Silakan tunggu 5 detik...

7 Tips Jitu agar Lolos Tes Wawancara. Nomor 4 ga kepikiran!


Serious applicant sitting by desk in boardroom and waiting for employer questions

Wawancara kerja atau yang akrab disebut dengan interview merupakan gerbang awal untuk dapat diterima bekerja di perusahaan yang kita lamar. Tidak semudah yang kita bayangkan loh, perlu trik dan persiapan khusus agar bisa lolos dari tahapan interview.

Sobat Onkarir mau tau 7 tips agar lolos tes wawancara? Langsung aja simak ulasan dibawah ini ya. Semoga bermanfaat!

1.) Berpakaian yang pantas

Penampilan adalah yang nomor satu. Yang dilihat pertama kali pada saat kamu wawancara kerja adalah bagaimana kamu berpakaian. Sangat penting untuk mengetahui apa yang harus dipakai saat melakukan wawancara kerja. Gunakanlah pakaian yang formal dan sopan seperti celana bahan dan berkemeja rapih, bisa juga jika ingin mengenakan jas.

2.) Lakukan komunikasi nonverbal yang baik

Ini tentang menunjukkan kepercayaan diri, berdiri tegak, melakukan kontak mata dan terhubung dengan jabat tangan yang kuat. Kesan nonverbal pertama itu bisa menjadi awal yang bagus untuk wawancara kerja kamu.

3.) Mendengarkan

Dari awal wawancara, pewawancara akan memberi informasi, baik secara langsung maupun tidak langsung. Jika kamu tidak mendengarnya, kamu akan kehilangan peluang besar untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan tersebut.

4.)

5.) Beri pertanyaan

Ketika ditanya apakah mereka memiliki pertanyaan, sebagian besar kandidat menjawab “Tidak.” Jawaban yang salah. Pertanyaan yang kita ajukan membuat pewawancara berfikir bahwa kita ada ketertarikan dengan perusahaan terkait. Dan dengan kita bertanya kepada pewawancara, kita akan semakin tau apakah perusahaan tersebut cocok untuk kita atau tidak.

6.) Jangan terlihat putus asa

Saat kamu wawancara dengan pendekatan jangan kamu tampak putus asa dan kurang percaya diri. Cerminkan ketiga CS selama wawancara: calm (tenang), cool (santai) dan confident (percaya diri).

7.) Jangan terlalu banyak bicara

Memberitahu pewawancara lebih dari yang perlu dia ketahui bisa menjadi kesalahan fatal. Ketika kamu belum siap sebelumnya, kamu mungkin mengoceh ketika menjawab pertanyaan wawancara, kadang-kadang berbicara sendiri keluar dari pekerjaan. Jangan sampai hal itu terjadi.

Nah jadi itu sobat Onkarir beberapa tips jitu yang bisa kalian pelajari untuk menghadapi interview.

Jangan cuma mempelajari tipsnya aja nih sobat Onkarir, sudah nemu belum perusahaan mana yang kira-kira akan dilamar oleh temen-temen nih. Nah kalo belom bisa langsung cek di website kita, karena disana banyak banget info lowongan kerja terkini dan terupdate. Yuk langsung aja cek websitenya https://onkarir.com/