Silakan tunggu 5 detik...

Tips Membuat Resolusi Tahun Baru Untuk Mengembangkan Usaha


Hallo Sobat OnKarir, Selamat Tahun Baru 2022 yaa. Kali ini Artapuri Blog ingin berbagi tips nih bagaimana membuat Resolusi di Tahun Baru untuk bisnis kamu. Cek dibawah ini yuk!

BACA JUGA : Tips Sukses Belajar SEO Bagi Freelancer

1. Membuat Resolusi dan Rancangan Usaha Bisnis yang Bisa Direalisasikan

Dengan tujuan yang salah, segala sesuatu hasilnya tidak akan sesuai harapan. Begitu juga dengan bisnis, maka salah satu alasan bisnis bisa gagal adalah karena goal atau tujuan yang tidak tepat atau realistis. Maka dari itu, penting untuk menentukan tujuan bisnis di awal. Tentukan tujuan secara spesifik mulai dari apa tujuannya, angka yang ingin dicapai, kapan target tujuan tersebut tercapai, hingga strategi untuk meraih tujuan tersebut. Misalnya untuk di awal bisa fokus membangun awareness terlebih dahulu di media sosial.

2. Membangun Jaringan Kolaborasi Untuk Saling Membantu Satu Sama Lain

Sejak pandemi perilaku berbelanja konsumen jadi bergeser ke arah online. Banyak bisnis pun menggeser fokus penjualannya ke platform online. Maka itu, penting bagi pebisnis untuk membangun kehadiran online seperti di media sosial, melalui SEO, dan juga website toko online. Apalagi tingkat kompetisi saat ini semakin ketat. Hadir di platform online dapat membangun engagement target konsumen. Caranya dapat dilakukan dengan membagikan konten-konten yang menarik dan interaktif untuk mendapatkan perhatian mereka.

3. Memiliki Perencanaan Finansial yang Matang dan Membedakan Uang Bisnis Dengan Uang Untuk Kehidupan Sehari-Hari

Salah satu perencanaan penting lainnya adalah rencana finansial baik pengeluaran maupun pendapatan. Cari tahu sumber modal yang tepat untuk bisnismu kemudian buat daftar biaya-biaya yang dibutuhkan serta untuk apa saja dana tersebut akan digunakan. Perlu dipikirkan tentang bagaimana akan membiayai operasional sehari-hari bisnismu dan bagaimana agar bisnismu bisa terus stabil dan meningkat pendapatannya. Buat proyeksi pendapatan untuk setiap bulan atau quarter dan pantau pendapatan sebenarnya dibanding dengan proyeksi tersebut.

4. Mengikuti Trend Pemasaran Dengan Memanfaatkan Media Digital Untuk Promosi dan Penjualan

Ada banyak platform yang dapat kamu manfaatkan untuk mempromosikan bisnis secara online mulai dari iklan di Facebook, Instagram, Google, dan banyak lagi. Optimalkan SEO website toko onlinemu agar lebih mudah ditemukan di mesin pencari. Bisa juga dengan masuk ke berbagai forum atau bekerja sama dengan influencer agar jangkauan bisnismu lebih luas.

BACA JUGA : Clubhouse Meluncurkan Saved Replay Serta Ikon Aplikasi Baru