Silakan tunggu 5 detik...

8 Skill Yang Dibutuhkan Untuk Mencari Kerja Pada Tahun 2021


Memasuki tahun 2021, ada beragam skill baru yang banyak dibutuhkan perusahaan. Skill-skill ini disesuaikan dengan lingkungan kerja dan masyarakat yang berubah akibat pandemi Covid-19. 

Skill yang dibutuhkan tersebut sesuai dengan kebutuhan perusahaan tahun 2021, terutama yang menggunakan sistem work form home atau WFH. Berikut daftar 8 skill yang dibutuhkan untuk mencarai kerja pada tahun 2021

1. Development (Web, Mobile, Software)

Era yang sudah berubah menjadi digital menjadikan banyak bisnis yang beralih secara online. Mulai dari pelanggan bahkan sampai manajemen perusahaan yang terintegrasi oleh sistem. Permintaan pembuatan aplikasi dan website juga semakin meningkat. Maka dari itu, profesi di bidang development akan semakin dicari oleh banyak orang.

2. Digital Marketing

Pada zaman serba digital seperti saat ini, kemampuan akan sangat diperlukan. Apalagi dengan meningkatnya penggunaan E-commerce dan media sosial sebagai media pemasaran produk. Tentunya cara pemasarannya akan berbeda dengan cara offline.

3. Public Speaking

skill untuk mencari kerja

Skill satu ini wajib banget kamu miliki. Meskipun ini terdengar sepele tapi kemampuan public speaking menjadi salah satu skill yang wajib kamu kuasai. Tidak hanya digunakan oleh para motivator, pemimpin, maupun pembicara saja. Kemampuan berbicara di depan umum harus banget dimiliki oleh siapapun dari berbagai jenis pekerjaan.

4. Problem Solving’ yang Cepat dan Tepat

skill untuk mencari kerja

Jika pola pikir kritis sudah terasah, maka kemampuan untuk menyelesaikan suatu masalah akan semakin tinggi. Anda tidak membutuhkan waktu yang lama agar suatu masalah bisa terpecahkan.

Keputusan yang kamu ambil tentu melibatkan strategi, rancangan, dan action terbaik agar hasil tercapai sesuai harapan. Jika Anda sudah memiliki kemampuan ini, peluang karier Anda dijamin akan semakin baik seiring dengan bertambahnya usia nanti.

5. Kreatif & Inovatif

skill untuk mencari kerja

salah satu hal yang cukup sulit untuk dilakukan oleh robot adalah kretifitas. Makanya lahir ekonomi kreatif, yaitu ekonomi yang ditopang oleh kreasi manusia sebagai core businessnya. Orang yang kreatif dan inovatif cenderung mampu menghasilkan produk yang berbeda di pasaran.

6. Data Scientist & Analyst

skill untuk mencari kerja

Data scientist berugas memproses data dan menemukan solusi, sedangkan data analyst bertugas menghasilkan laporan angka dari data scientist menjadi bahasa yang mudah dimengerti.

Skill ini sangat diperlukan tiap perusahaan untuk memenuhi keinginan konsumen sehingga menghasilkan produk yang mampu memecahkan masalah di masyarakat.

7. Manajemen Waktu & Keuangan

skill untuk mencari kerja

Sejak tahun 2020 kita terbiasa dengan work frome hoe atau bekerja dari rumah. Ini bukanlah hal yang mudah, terlebih bila tercampur dengan pekerjaan domestik.

pandemi juga mengajarkan kita untuk lebih hati-hati mengatur keuangan mengingat keadaan yang tak pasti dan kemungkinan hal darurat yang terjadi.

8. AI & Machine Learning Specialists

AI adalahkemampuan suatu mesin melakukan tugas yang lebih kompleks hanya dengan mengenali gambar atau suara. Sedangkan machine learning merupkan aspek dalam AI di mana mesin tersebut mampu terus belajar dan memperbaiki dirinya sendiri hingga menjadi lebih mahir.

Nah, Itulah 8 Skill Yang Dibutuhkan Untuk Mencari Kerja Pada Tahun 2021. Sangant membantu bukan?! Sampai ketemu di kesempatan selanjutnya ya sob.

Untuk informasi lengkap tentang info lowongan kerja silahkan kunjungi Onkarir.com