Silakan tunggu 5 detik...

Evolusi Profesi di Masa Pandemi


Evolusi profesi terkait pandemi sangat menarik nih untuk kita bahas. Btw, halo sobat kembali lagi ke onkarir, bagaimana keadaan kalian di masa pandemi kali ini? Yuk kita bahas sesuatu yang sedang terjadi di lingkungan kita.

School-age boy sitting in front of the monitor laptop at blue studio backgroubd

Sebelum berbicara terkait evolusi, kita tarik mundur dulu yuk dari pernyataan nya om darwin terkait evolusi. Kata teori om darwin terkait evolusi (1859) dahulu ada jerapah berleher panjang dan juga yang berleher pendek. Menurut teorinya, jerapah dengan leher yang panjang akan lebih bisa bertahan hidup dari pada jerapah yang mempunyai leher pendek.

Itu artinya kemampuan survive makhluk hidup sangat dipengaruhi kepada kelangsungan dan kesuksesan makhluk hidup tersebut. Dan secara tidak langsung, dengan adanya pandemi ini membuat kita tidak sadar untuk memaksa diri keluar dari zona nyaman kita sebelumnya. Di antara kamu mungkin ada yang baru saja berhenti dari pekerjaannya, ada yang bisnisnya bangkrut, ada yang mulai membangun bisnis dan lainnya. Itu semua karena pandemi yang memaksa kita untuk merubah sesuatu menjadi sesuatu yang lain, sesuatu yang mungkin kita tidak terpikirkan.

Lalu, profesi apa saja yang turut menjadi evolusi untuk kedepannya dari kejadian pandemi kali ini.Layanan Konsultasi

Layanan Konsultasi

Layanan konsultasi memiliki kemungkinan untuk menjadi profesi yang siap untuk menghadapi evolusi profesi. Sebagai contoh jika kita adalah seorang dokter, psikolog, dan layanan konsultasi lainnya yang dahulu harus membuat janji dan bertemu tatap muka untuk layanan konsultasi nya. Sekarang bisa melalui chat untuk membuat janji dan menggunakan aplikasi video call untuk fasilitas yang perlu layanan tatap muka langsung.

Front Liner atau Customers Services

Yang mungkin dahulu front liner atau Customers Services masih bertatap muka untuk melayani nomor antrian, pendaftaran, konsultasi dan lainnya. Kali ini front liner bisa digantikan oleh komputer atau website yang dapat mempermudah pekerjaan di bidang ini. Gunakan jasa pembuatan website jika anda memiliki sebuah perusahaan dengan menggunakan jasa dari artapuri dan lainnya.

Guru

Lalu ada profesi guru, karena pandemi ini banyak para guru yang mulai beralih dan merubah haluan ke platform online course untuk mengajar murid atau anak didiknya. Dan peralihan ini di anggap menjadi positif karena memiliki jam yang lebih fleksibel untuk para muridnya.

Marketing

Sudah bukan jamannya lagi jika perusahaan atau bisnis anda masih menggunakan marketing konvensional seperti door to door. Sudah saatnya marketing beralih ke dunia online. Banyak bisnis yang mulai merambah ke dunia digital. Untuk di tahun 2020 dan seterusnya, marketing mulai lebih fokus ke ranah digital. Jika anda ingin menggunakan jasa marketing online, bisa menggunakan jasa dari perusahaan digital marketing seperti artapuri terkait layanan marketing nya.