Silakan tunggu 5 detik...

Rekomendasi Bisnis Untuk Freelancer


Hallo Sobat Onkarir, kali ini Onkarir Blog akan membagikan rekomendasi bisnis untuk para freelancer. Eh, tapi bukannya jadi freelancer itu ribet ya? Tenang kok jadi freelancer enggak ribet dan asik banget lho, menjadi freelancer dapat menggunakan teknologi yang ada. Contohnya dengan bantuan internet di sebuah kedai kopi, aplikasi atau software dan laptop. Engga ribetkan?

Untuk Sobat yang freelancer dan masih bingung ingin bisnis apa. Onkarir Blog mau kasih rekomendasi bisnis buat Sobat nih, yuk disimak:

Desain Grafis

Dalam era digital, pekerjaan freelancer yang satu ini paling banyak dicari oleh perusahaan atau atensi manapun. Sobat yang punya keahlian menggambar bisa menjual portofolio desain grafis Sobat di situs pribadi atau platform media sosial.

Pekerjaan yang bisa Sobat lakukan seperti, membuat logo, ilustrasi, brosur campaign promosi usaha pribadi atau produk dan sebagainya. Namun, apabila Sobat tidak memiliki bakat sebagai desain grafis bisa saja menjadi penjual jasa seseorang desain grafis atau orang yang memperjualbelikan template siap pakai.

BACA JUGA : Duit Dikit Tapi Gengsinya Selangit

Content Writer

Bagi Sobat yang memiliki blog pribadi atau hobi dalam bidang tulis menulis manfaatkanlah skill ini dalam mencari uang tambahan.

Banyak lowongan pekerjaan penulis lepas yang bisa Sobat temukan di internet atau koran dan media sosial lainnya. Pekerjaan freelance ini biasanya membuat tulisan sesuai orderan dan bisa Sobat lakukan dari mana saja. Umumnya, bayaran yang Sobat dapatkan bisa per bulan atau per atikel, tergantung skema pada kesepakatan yang disetujui.

Editor

Freelance sebagai editor cukup melakukannya secara online di rumah. Hasil pekerjaanya bisa dikirim melalui email. Belum banyak orang yang sadar bahwa gaji seorang editor lumayan besar. Ada yang di hitung perbulan atau berdasarkan jumlah proyek yang dikerjakan.

Mereka mencari jasa editor biasanya media-media dan penerbit buku yang membutuhkan freelance. Tugas Sobat adalah mengecek dan mengoreksi naskah untuk penggunaan bahasa, typo dalam segi penulisan, memeriksa EYD dan masih banyak lagi.

Jika Sobat adalah seseorang yang teliti kenapa enggak mencobanya?

Web Designer

Sebagai seorang web designer Sobat harus memiliki keahlian dalam penguasaan HTML, java script, CSS. Selain itu, Sobat harus bisa mengoperasikan berbagai software desain seperti, photoshop dan Corel Draw. Sebab, Sobat harus membuat website dengan tampilan yang indah, unik, ciri khas dan tentunya menarik.

Tuntutan yang cukup tinggi sepadan dengan bayaran yang Sobat dapatkan. Gaji freelance seorang web designer tidak perlu diragukan lagi. Sudah pasti patokan range harga jasa Sobat mahal mencapai angka Rp 7 juta ke atas.

Nah, itu dia bisnis untuk freelancer. Semoga dapat menjadi acuan untuk Sobat. Jika Sobat ingin tahu lebih banyak tentang freelance Sobat bisa lihat di Onkarir.

BACA JUGA : Tanpa Disadari, 3 Fitur E-Commerce Ini Bikin Kamu Untung Besar