Silakan tunggu 5 detik...

Efek Pandemi Terhadap Lowongan Pekerjaan


Halo semua sobat onkarir, kembali lagi disini bersama saya admin paling kece akan membahas seputar dunia pekerjaan lagi. Gimana kabar kalian selama masa pandemi ini? Mulai mencoba hal baru dari zona nyaman kalian yang mamaksa kalian untuk mencobanya? Jika iya, maka semangat!

Pandemi memang menjadi momok menakutkan bagi kita semua, mulai dari kekhawatiran terhadap kesehatan kita sendiri sampai berefek kebeberapa sektor yang lainnya bahkan sektor ekonomi.

Nih ya sobat, menurut Badan Pusat Statistik (BPS) yang kerjaannya mencari data nih. Mereka mencatat jika iklan lowongan pekerjaan itu merosot loh menjadi 70 persen dari biasanya. Itu semua karena pandemi ini.

Bayangin ya, dari 10k-15k lowongan yang biasanya tersedia di setiap bulan nya dengan sekitar 100-300 pelamar. Sekarang lowongan hanya 5k-7k yang tersedia, parahnya lagi sekitar 1k-2k pelamar yang melamar di lowongan tersebut. Sangat ketat bukan?

Nah penurunan lowongan kerja tersebut merosot jauh, dan penurunan paling tajam ada di sektor akomodasi makanan dan juga minuman. Ada juga dibagian perdagangan dan pengolahan. Penurunan tersebut juga adanya terkait tekanan pada perusahaan tersebut karena imbas dari covid-19 sehingga banyak pekerja yang terpaksa dirumahkan.

Maka dari itu kita semua harus berbenah, mencoba hal baru demi mencari sesuap nasi dengan sumber yang baru. Salah satu yang akan saya contohkan adalah dengan mencoba berbisnis jual followers melalui Panel SMM BisnisOn, atau juga membuat website di Artapuri untuk mengakomodir produk usaha yang telah anda coba pasarkan.

Selamat berjuang, para pejuang!