Silakan tunggu 5 detik...

5 Tips Membangun Karier bagi yang Baru Lulus Kuliah


Banyak mahasiswa yang setelah lulus kuliah bingung akan mencari jalur karier yang seperti apa, bekerja dimana, atau bahkan ada yang sudah sering ditolak perusahaan. Hal itu sangat wajar terjadi jika kalian tidak mengikuti tips berikut ini, yuk simak 7 tips berikut ini agar karir kalian cemerlang pasca kuliah.

1.) Dapatkan keterampilan sebanyak mungkin

Tak ada ruginya mempelajari banyak keterampilan meskipun itu diluar bidangmu. Bahkan banyak hal positif yang diapat dari itu, semakin banyak keterampilan yang kamu peroleh maka semakin banyak juga peluang kamu dalam mendapatkan segala bidang pekerjaan.

Oiya, memiliki banyak keterampilan juga merupakan nilai plus loh saat kamu melamar pekerjaan, mereka akan memandang kamu sebagai orang yang senang mempelajari hal-hal baru dan itu sangat disenangi olah pihak perusahaan manapun.

2.) Bangun relasi seluas mungkin

Memang harus diakui, membangun relasi adalah hal paling penting dalam membangun karier. Semakin luas relasi atau channel yang kamu miliki, biasanya perusahaan akan sangat tertarik denganmu karena mereka akan berpikir kamu bisa menjadi peluang untuk bertemu investor baru.

Jika kamu sulit untuk menemukan koneksi yang bagus, hal sederhana yang bisa kamu lakukan yaitu dengan menjadi orang yang bersahabat dengan semua orang yang kamu temui. Karena kamu tak pernah tahu dengan siapa mereka terhubung atau terlibat, yang mungkin saja bisa membantumu suatu saat.

Kamu juga bisa ikut serta dalam keanggotaan organisasi atau komunitas apapun yang positif, karena disanalah kamu akan dapat banyak bertemu dengan orang dari berbagai kalangan.

3.) Menghadiri atau mengikuti seminar dan pelatihan

Sama seperti sebelumnya, mengikuti seminar juga memberikanmu kesempatan bertemu dengan banyak orang dari berbagai kalangan yang berbeda-beda. Selain itu kamu juga akan dapat wawasan serta pengalaman baru yang belom pernah kamu dapatkan sebelumnya.

Bahkan di setiap seminar biasanya akan ada sertifikat sebagai peserta dalam seminar tersebut, nah sertifikat itu akan sangat berguna juga untuk menjadi poin plus dalam berkas lamaran kamu ke perusahaan yang ingin kamu lamar.

4.) Tingkatkan kemampuan berkomunikasi

Two women friends chatting on the couch at home

Kemampuan komunikasi akan menjadi persyaratan dasar dalam sebuah pekerjaan. Semakin baik kemampuan berkomunikasimu, semakin besar perusahaan yang akan tertarik padamu.

Selain itu, kemampuan komunikasi yang baik juga akan mempermudahmu saat wawancara kerja. Ketika kamu memiliki tata bahasa yang baik, kamu akan lebih mudah menyampaikan ide yang bisa meyakinkan perusahaan jika kamu adalah orang yang kompeten.

Oiya harus diingat juga ada beberapa hal yang harus dihindari saat berbicara dengan orang loh. Simak ulasannya disini yah 5 Kesalahan Mahasiswa Sulit Mendapatkan Pekerjaan

5.) Merawat penampilan dan jadi pribadi yang menyenangkan

Tak bisa dipungkiri penampilan sangatlah penting dalam dunia pekerjaan. Ketika kamu memiliki penampilan yang rapi dan menarik, perusahaan akan sangat menghargaimu dan menjadi nilai lebih untukmu. Cobalah untuk berolahraga rutin karna itu akan membuatmu terlihat lebih sehat dan memiliki postur tubuh yang proposional.

Selain penampilan, kamu juga harus memiliki pribadi yang menyenangkan dan ramah. Tentu saja dengan begitu, orang-orang di sekitarmu akan menjadi nyaman dengan energi positif yang kamu pancarkan.

Itu dia 5 tips membangun karir setelah lulus kuliah, untuk kamu yang ingin mendapatkan info lowongan kerja bisa langsung cek di website kami yah https://onkarir.com/