Silakan tunggu 5 detik...

7 Tips Menghadapi Rekan Kerja Yang Menyebalkan


Dalam sebuah lingkungan kerja, kita akan menemukan beragam jenis orang yang berbeda-beda karakter dan sifatnya. Ada yang baik, suka membantu, dan ada juga yang bersikap menjengkelkan. Lantas, bagaimana jadinya jika kamu memiliki hubungan yang nggak akur dengan rekan kerjamu?

Ketika nggak akur dengan rekan kerja, hal tersebut dapat berpengaruh pada pekerjaanmu dan dinamika tim. Lebih jauh lagi, hubungan yang nggak baik ini dapat membuat suasana kerja menjadi kurang nyaman hingga menimbulkan persaingan yang kurang sehat. Jika nggak cocok dengan rekan kerja, apa yang dapat kamu lakukan? 

Berikut 7 Tips Menghadapi Rekan Kerja Yang Menyebalkan

1. Menginstropeksi diri

Menginstropeksi diri

Mungkin rekan kerja bersikap menjengkelkan karena ada kata atau perbuatanmu yang kurang menyenangkan padanya? Atau mungkin, sosok rekan kerja mengingatkanmu pada seseorang yang kurang kamu sukai? Coba tenang sejenak dan mulai menginstrospeksi dirimu, Bela.

Bukan berarti ketidakcocokanmu dengan rekan kerja merupakan salahmu atau perasaanmu saja, Bela. Para ahli mengatakan jika terjadi hal seperti ini, coba untuk menelaah dari sisi kamu sendiri. Apa kamu pernah melakukan sesuatu yang melukai hatinya sehingga rekan kerja bersikap menyebalkan padamu? Lalu saat melihatnya seperti itu, reaksimu justru semakin memperburuk keadaan? Karena faktanya, perbedaan kepribadian dalam lingkungan kerja sangat mungkin terjadi. Kamu dan rekan kerja hanya perlu menemukan cara untuk saling menerima dan mengerti, serta mengurangi perbedaan untuk membangun kerja sama yang baik.

2. Menjaga jarak dan menghindari bergosip

Menjaga jarak dan menghindari bergosip

Seperti yang disebutkan dalam poin sebelumnya, kurangi interaksi dengan rekan kerja yang kurang cocok denganmu. Jika kamu dan rekan kerja berada di projek atau tim berbeda, hal yang perlu kamu lakukan adalah menjaga jarak dengannya, dan kamu dapat bekerja dengan lebih tenang.

Juga, hindari membicarakan tentang rekan kerjamu dengan orang lain di kantormu. Kamu memang nggak cocok dengan rekan kerja, namun bukan berarti kamu dapat menggosipkan dirinya dengan orang lain di kantormu. Selain menyebarkan kabar yang belum tentu benar, bergosip dapat membuatmu terlihat sebagai sosok yang kurang profesional dalam lingkungan kerja.

3. Berusaha bersikap baik padanya

Berusaha bersikap baik padanya

Hal pertama yang perlu kamu ingat ketika merasa memiliki banyak masalah dengan seorang rekan kerja adalah, besar kemungkinan kalau bukan hanya kamu yang mengalami hal itu. Namun, bukan berarti kamu dapat menunjukkan sikap yang kurang baik ketika berhadapan dengannya, Bela. Usahakan untuk tetap bersikap baik dan profesional, meski saat rekan kerja bersikap menjengkelkan dan menyulitkan pekerjaan kalian berdua. Tetap berpikir positif, bahkan menyampaikan pujian padanya jika diperlukan.

Menurut para ahli, rekan kerja yang sulit diajak bekerja sama nggak dapat bertahan lama dalam sebuah perusahaan, atau sering berganti pekerjaan baru. Jadi jika ingin meniti karier yang panjang di kantormu sekarang, coba untuk menghindari sikap yang sama seperti rekan kerjamu berikan padamu. Sebab, perusahaan menilai karyawan melalui tindakan dan perbuatan. Jadi, terus bersikap profesional dan nikmati pekerjaanmu.

4. Tetap bersikap positif

Tetap bersikap positif

Setiap situasi pasti ada hikmahnya, termasuk saat memiliki teman kerja menyebalkan di kantor. Tetap syukuri pekerjaan saat ini dan berupaya bersikap positif. Menurut Sutton, prinsip ini penting untuk tetap menjaga kesehatan mental dan fisik.

Tetap fokus saja pada pekerjaan dan tak perlu terlalu memikirkan betapa menyebalkannya teman kerja mu.

5. Tidak Perlu Bermusuhan

Tidak Perlu Bermusuhan

Menghadapi rekan kerja yang suka cari muka itu bukan dengan memusuhinya tapi sebaliknya. Percaya deh, itu enggak akan mengubah keadaan. Sebaliknya justru membuat nya rugi.

Sebab penjilat itu biasanya pandai membual. Apabila penjilat mengetahui Anda berbuat buruk kepadanya, sudah pasti dia akan semakin menyudutkan Anda di depan banyak orang. Dia bisa saja memutar fakta, sehingga kesannya Anda lah yang tidak baik dan dia hanyalah korban.

6. Membantunya melawan rasa insecure

Tips Menghadapi Rekan Kerja Yang Menyebalkan

Boleh jadi, sikap menyebalkan yang membuat kamu merasa nggak cocok berasal dari rasa insecure-nya sendiri. Misalnya, rekan kerja selalu berpikir pesimis karena merasa takut dan berpikir dirinya nggak mampu menjalani projek tim. Jika berkesempatan mengetahui insecure yang ia alami, kamu dapat mencoba membantunya melawan hal itu dengan memberikan dukungan positif padanya. Ketika rasa insecure-nya berkurang, ia akan menjadi pribadi yang lebih baik daripada sebelumnya, dan mudah diajak bekerja sama untuk mengerjakan projek dengan lancar.

7. Selipkan humor saat situasi negatif muncul

Tips Menghadapi Rekan Kerja Yang Menyebalkan

Menurut konsultan manajemen dari Stanford University, Robert Sutton, menyelipkan tawa dan humor saat teman kerja mulai bersikap negatif juga cukup efektif.

Jika memang ia awalnya bertujuan memicu masalah, lalu respons yang muncul justru tawa dan ledekan, bisa jadi niatnya akan hilang. Ia jadi berpikir lagi untuk membuat masalah

Saat rekan kerja sedang menyebalkan bisa jadi dia menginginkan perhatian dari anda. Bisa kalian Coba beri hadiah Madu murni karena madu bisa membuat mood menjadi lebih baik

Kunjungi blog menarik lainnya di Onkarir