Silakan tunggu 5 detik...

Anda Pemimpin? Miliki kemampuan Delegasi!


Portrait of confident business partners looking at camera with smiling leader in front

Halo sobat onkarir? Sehat semua? Adakah disini yang menjadi pemimpin suatu kelompok? Entah itu Kantor, Organisasi, Komunitas dan sebagaianya. Tapi kalian tau enggak sih kalau delegasi itu sangat penting?

Dalam dunia pekerjaan, setiap pekerja belum tentu memiliki beban pekerjaan yang sama. Ada yang hanya mengerjakan satu jenis pekerjaan, ada yang sampai beberapa jenis pekerjaan. 

Apakah kita akan setiap hari lembur kerja demi menyelesaikan pekerjaan kita? Bisa jadi, iya. Namun, ada cara lain yang bisa kita lakukan untuk menyelesaikan masalah ini, yaitu dengan mendelegasikan.

Kata “delegasi” bisa berarti perutusan (KBBI V). Menurut keluarga katanya, misal mendelegasikan, bisa berarti melimpahkan wewenang. 

Ada beberapa hal yang harus kita mengerti tentang pendelegasian pekerjaan:

1. Tentukan jenis pekerjaan.

Dari jenis-jenis pekerjaan kita, pilihlah jenis pekerjaan yang bisa dikerjakan oleh orang lain. Jangan pilih pekerjaan yang rumit yang membutuhkan orientasi/training bertahap-tahap. Pilihlah jenis pekerjaan yang bisa dikerjakan dengan cepat, dan kemungkinan orang lain bisa mengerjakannya.

2. Berikan training/orientasi kepada rekan sekerja Anda.

Kita harus memberikan training/orientasi kepada rekan sekerja yang sudah kita pilih untuk mengerjakan sebagian pekerjaan kita. Tanpa training/orientasi, berarti kita mempersiapkan diri kita untuk melihat pekerjaan itu tidak terselesaikan dengan baik. 

Karena itu, berikanlah orientasi/training yang jelas dan sistematis supaya rekan sekerja kita bisa mengerjakannya dengan baik dan hasilnya sesuai dengan yang kita harapkan.

3. Memonitor proses.
Kemampuan untuk bisa mendelegasikan tugas itu, penting! Namun, yang lebih penting adalah kita bisa memonitor terus proses kerja tersebut. 

Akan lebih baik apabila dalam proses pengerjaan tugas tersebut kita bisa memonitor secara berkala untuk memastikan bahwa proses demi proses bisa dikerjakan sesuai dengan prosedur yang seharusnya.

4. Berikan penghargaan kepada rekan sekerja Anda.
Hasil pekerjaan yang sudah diselesaikan oleh rekan sekerja Anda, ceklah dengan saksama. Jangan lupa berikan penghargaan sepantasnya kepada rekan sekerja Anda yang sudah menyelesaikan pekerjaan dengan baik. 

Hargailah usaha mereka dan beritahukan juga kepada pemimpin Anda atas prestasi yang sudah didapatkannya. Dengan demikian, Anda dan rekan sekerja Anda sama-sama akan mendapatkan kebaikan dari proses kerja sama ini.

Setiap pekerja harus memiliki kemampuan untuk mendelegasikan tugasnya kepada rekan sekerja yang lain. Kemampuan ini sangat diperlukan ketika kita berada dalam masa-masa yang sibuk, banyak rapat, dan banyak pertemuan dengan orang-orang dari perusahaan lain/mitra.