Silakan tunggu 5 detik...

Tips Meminimalisasi Miskomunikasi Freelancer Dengan Client


Halo Sobat Onkarir! Gimana Kabarnya? semoga selalu sehat yaa. Kali ini Onkarir mau membahas sebuah Tips Meminimalisasi Miskomunikasi antara Freelancer dengan Client. Sebagai seorang freelancer, kepuasan klien adalah yang utama. Hasil kerja yang memuaskan tentu akan menjadi peluang untuk menjalin kerjasama secara continue atau mendapatkan rekomendasi sehingga relasi Sobat semakin luas. Sayangnya, kemampuan berkomunikasi dengan baik tidak dimiliki oleh semua orang. Hal ini harus dipelajari untuk menghindari terjadinya miskomunikasi dengan klien.

Beberapa Tips Meminimalisasi Miskomunikasi Freelancer Dengan Client :

1. Menghubungi Client Sesuai Permintaan

Tips Meminimalisasi Miskomunikasi Freelancer

Mungkin pernah terjadi, saat Sobat menemukan kendala atau hal penting yang sebaiknya segera dibicarakan dengan klien, tanpa melihat waktu Sobat langsung menghubungi mereka. Padahal, sudah ada perjanjian sebelumnya jika klien hanya berkenan dihubungi di waktu tertentu saja atau melalui media tertentu saja (misalnya, lewat email). Atau dalam contoh yang lain, klien justru meminta Sobat untuk mengabari mereka minimal seminggu sekali. Jangan remehkan permintaan semacam ini. Jika sejak awal klien sudah memiliki permintaan khusus mengenai waktu dan cara untuk menghubungi mereka, hormatilah permintaan tersebut. Memiliki komunikasi yang baik dengan klien merupakan salah satu cara untuk menunjukkan bahwa Sobat serius dalam mengerjakan setiap proyek. Hal ini juga akan berdampak positif bagi karir Sobat untuk kedepannya sebagai seorang freelancer dan membuka peluang untuk mendapatkan lebih banyak klien.

2. Mengikuti Keinginan Client dan Menunjukkan Profesionalisme

Tips Meminimalisasi Miskomunikasi Freelancer

Klien adalah orang yang membayar jasa Sobat. Sebagai penyedia jasa, tugas Sobat adalah memberikan apa yang klien inginkan. Dengan begitu, Sobat tidak hanya membangun relasi yang baik, tapi juga menunjukkan rasa hormat Sobat terhadap klien. Saat ada hal yang Sobat rasa tidak cocok, misalnya Sobat meyakini ada cara yang lebih baik daripada yang klien inginkan, jangan diam saja. Komunikasikan hal ini dengan klien. Jelaskan mengapa Sobat menyarankan hal tersebut dan apa manfaatnya untuk klien. Gunakan bahasa yang sopan namun tidak terkesan menggurui atau mengatur. Kebanyakan klien akan mengikuti saran Sobat jika saran yang diberikan memang untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Namun, hormati keputusan klien jika dia menolak atau tidak setuju saran Sobat.

3. Berusahalah Semaksimal Mungkin Dalam Mengerjakan Setiap Proyek

Tips Meminimalisasi Miskomunikasi Freelancer

Mungkin ada banyak alasan bagi para klien untuk tidak yakin terhadap apa yang kalian perbuat. Salah satunya mungkin karena mereka tidak kenal pada kalian sebelumnya. Nah, cara terbaik klien bisa mengetahui kapasitas Sobat adalah dengan melihat proyek-proyek Sobat sebelumnya. Di sinilah pentingnya Sobat harus selalu mengerjakan proyek dengan maksimal. Jangan mudah puas diri, akan semakin bagus dan meyakinkan apabila Sobat bisa selalu meningkatkan kualitas pekerjaan Sobat. Karena Sobat adalah seorang pekerja freelance, maka kualitaslah yang menjadi jualan utama Sobat. Maka dengan meningkatkan kualitas Sobat, tentu dengan sendirinya reputasi akan terbangun sehingga Sobat akan semakin mudah mendapatkan kepercayaan dari klien.

BACA JUGA : Youtube Sedang Menguji Search Insight Untuk Membantu Upaya Konten

4. Perlihatkan Apa yang Kalian Kerjakan Pada Client

Ketidakpercayaan klien biasanya bisa terbaca ketika mereka banyak menanyakan sesuatu yang tak jarang tidak penting. Dan ini akan membuat Sobat merasa terganggu dengan pertanyaan dari mereka. Rangkaian pertanyaan semacam “bagaimana Anda membuat ini”, “bagaimana Anda menyelesaikannya” itu menunjukkan bahwa mereka tidak yakin dengan apa yang Sobat kerjakan. Coba sesekali perlihatkan bagaimana cara Sobat bekerja dan menyelesaikan proyok-proyek yang ada. Bisa dengan merekam dengan video, atau dengan memberikan foto, cara ini bisa sedikit meredam ketidakyakinan mereka terhadap apa yang Sobat kerjakan.

5. Selalu Informasikan Perkembangan Terbaru

Dengan selalu memberikan informasi perkembangan terbaru, diharapkan klien bisa semakin yakin pada Sobat bahwa Sobat mampu dan sedang bekerja. Informasi itu menunjukkan bahwa proyek dari klien benar-benar dikerjakan dan sedang diproses. Bukan berarti Sobat harus menyampaikannya setiap hari, tapi lebih kepada signifikansi perkembangan proyek yang sedang Sobat kerjakan. Mungkin dari 10% menjadi 20% begitu selanjutnya, dengan cara seperti ini bisa membuat klien lebih percaya pada Sobat dan mereka bisa lebih tenang. Selain itu, dengan menyampaikan perkembangan terbaru juga bisa meningkatkan komunikasi Sobat dengan mereka. Tentunya komunikasi yang lancar akan membuat hubungan keterikatan semakin terbangun yang pada akhirnya akan meningkatkan rasa yakin dari mereka kepada Sobat.

Nah, itu dia Tips Meminimalisasi Miskomunikasi Freelancer Dengan Client. Jadi gimana Sobat? Sudah tau bukan, cara mengurangi miskomunikasi dengan client. Jika Sobat sudah paham, yuk bergabung bersama kami di Onkarir untuk menjadi seorang freelancer.

BACA JUGA : Facebook Luncurkan Profile Professional Untuk Membantu Para Creator