Silakan tunggu 5 detik...

7 Tips Belajar di Rumah yang Menyenangkan


Halo, Sobat Onkarir! Gimana kabarnya? Semoga dalam keadaan sehat dan tetap mematuhi peraturan Pemerintah untuk physical distancing, yaa. kali ini Onkarir Blog akan membahas tentang tips cara belajar yang menyenangkan di rumah .Memang sih, rasanya SFH alias school from home itu bosan banget. Tapi, ini semua demi kebaikan Sobat dan orang lain lho. Tidak apa-apa ‘mengurung diri’ dulu di rumah selama beberapa bulan, daripada harus jatuh sakit dan malah masuk rumah sakit, kan?

Anyway, demi mendukung SFH Sobat supaya berjalan lancar, Onkarir Blog kali ini akan bagi-bagi tips mengenai cara belajar di rumah yang menyenangkan. Biasanya sih, kalau enggak full konsentrasi, belajar di rumah pasti bikin ngantuk. Iya, bukan? Nah, biar Sobat tidak gampang ngantuk atau tidak mudah ter-distract, berikut Onkarir Blog bagikan cara belajar yang menyenangkan di rumah.

1. Menentukan Waktu Belajar

tips belajar yang menyenangkan

Sobat Onkarir mungkin kesulitan meninggalkan tugas yang belum selesai. Dengan belajar secara daring, sangat mudah untuk mendorong diri Sobat sendiri untuk menyelesaikan semuanya sekaligus dan nantinya malah kehabisan tenaga.

Mulai sekarang Sobat Onkarir harus Menentukan waktu belajar Sobat nih, agar Sobat bisa menjadi orang yang konsisten mengerjakan tugas dengan cara membuat rencana (schedule) atau mengatur waktu belajar, misalnya sebisa mungkin Sobat patuhi aturan delapan jam dalam satu hari dan jangan belajar secara berlebihan seperti lebih dari 8 jam. Sebab, otak Sobat butuh istirahat.

2. Merapihkan Meja Belajar

tips belajar yang menyenangkan

Setelah menentukan waktu, cara selanjutnya ialah dengan merapihkan meja belajar. Gimana Sobat mau rajin dan semangat kalau meja belajar Sobat berantakan nih, jadi momen ini pun bisa Sobat gunakan untuk bersih-bersih dan membuang benda-benda yang sudah tidak diperlukan agar meja Sobat terlihat rapih.

Pastikan meja belajar Sobat cukup luas supaya Sobat bisa belajar dan berkreasi dengan bebas. Dan jangan lupa, Sediakan juga tempat sampah di dekat meja belajar. Terakhir, supaya meja Sobat enak dipandang, Sobat bisa meletakkan tanaman hias atau Action Figure.

3. MenJauhkan Gadget

tips belajar yang menyenangkan

Menjauhkan diri dari gadget bukanlah hal yang mudah, karena terlalu banyak hal menarik yang bisa dilihat. Tapi ingatlah, Sobat sedang melakukan proses belajar dirumah (SFH). Apa salahnya jika Sobat menjauhkan gadget selama beberapa jam agar Sobat bisa fokus untuk melakukan pembelajaran.  

Saat jam istirahat tiba, Baru Sobat bisa membuka gadget Sobat. Buka aplikasi apa pun yang Sobat inginkan, termasuk mendengarkan musik atau menonton film di youtube, anime, dan drakor. Jadi ketika jam belajar dimulai kembali, Sobat bisa menjauhkan gadget Sobat agar dapat kembali fokus dan tidak kepikiran sama gadget.

4. Matikan Notifikasi Gadget

Menjauhkan gadget, tetapi Sobat tidak mematikan notifikasinya sama saja bohong lho. Notifikasi yang muncul di layar gadget Sobat tentu akan mengundang Sobat untuk membuka gadget. Pada akhirnya, Sobat jadi tidak fokus bahkan lupa sama materi apa yang Sobat pelajari.

Lebih baik Sobat mute semua notifikasi pada gadget, terutama notifikasi pada media sosial. Belajarlah dengan serius agar Sobat tetap mendapat ilmu walau hanya belajar di rumah. ilmu ini bisa Sobat manfaatkan untuk menambah ataupun memperluas ilmu yang sangat membantumu saat mengikuti ujian akhir nanti.

5. Mencari Tempat yang Kondusif untuk Belajar

tips belajar yang menyenangkan

Mencari tempat kondusif untuk belajar di rumah itu sulit dan banyak godaannya. Sobat tidak dapat menghindari orang tua atau saudara yang menonton televisi dengan volume yang keras, tidak dapat menahan diri untuk membuka gadget. Sehingga perhatian Sobat banyak teralihkan dengan hal-hal yang menyenangkan daripada belajar.

Untuk mengatasi masalah ini, Sobat bisa tetapkan tempat di dalam rumah yang membuat Sobat bisa konsentrasi dan tidak teralihkan perhatiannya. Misalnya, di dalam kamar dengan menutup pintunya.

6. Mencari Tahu Cara Belajar yang Sesuai

Sobat Onkarir, cara belajar tiap orang itu berbeda-beda lho. Ada yang senang belajar sambil mendengarkan musik, ada yang butuh ketenangan dan ada pula yang senang sambil ngemil.

Nah, mencari tahu cara belajar yang sesuai dengan Sobat ini dapat menghindari Sobat dari kantuk atau rasa malas yang menyerang. Dengan bersantai dan rileks, belajar pun bisa jadi lebih efektif, lho.

Namun, pastikan cara belajar ini tetap bisa membuat Sobat on track alias tidak terdistraksi, ya. Kalau Sobat malah ingin belajar sambil nonton film sih, itu tidak akan membuat belajar Sobat efektif.

7. Belajar Bareng Teman

Tips yang terakhir nih buat Sobat Onkarir, di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini, apabila Sobat mau belajar bareng teman tidak harus dengan ngumpul bareng, lho. Sobat bisa manfaatkan beragam aplikasi untuk menghubungi teman-teman Sobat. Seperti video call.

Dengan belajar bareng teman-teman via video call, mungkin Sobat jadi lebih semangat dan tidak jenuh. Rasa kantuk dan bosan pun pasti tidak akan ada. Sobat bisa mengajak beberapa teman dan jangan lupa tentukan jadwalnya, yaa.

Nah, itu dia pembahasan Onkarir Blog Mengenai 7 Tips Belajar di Rumah yang Menyenangkan Sobat.. Jadi gimana, apakah Sobat tertarik dengan 7 tips diatas? Jika tertarik selamat mencoba.

Happy Studying