Silakan tunggu 5 detik...

Apa Itu Akuisisi? Dan Tujuannya


Akuisisi adalah takeover / ambil alih. Situasi dimana suatu perusahaan membeli sebagian besar atau seluruh saham perusahaan lain untuk mengambil kendali.

Ada juga yang menyebutkan bahwa pengertian akuisisi adalah pengambilalihan (takeover) atas kepemilikan saham atau aset suatu perusahaan (acquiree) oleh perusahan lainnya (acquirer).

Ada banyak alasan mengapa suatu perusahaan diakuisisi oleh perusahaan lain. Alasan dilakukannya akuisisi terhadap suatu perusahaan adalah untuk mempercepat pertumbuhan unit usaha tanpa harus membangun sendiri dari awal.

Tujuan Akuisisi

1. Menambah Sinergi Perusahaan

Pada umumnya akuisisi dilakukan untuk meningkatkan keuntungan atau nilai tambah perusahaan yang ikut dalam proses akuisisi, baik akuisitor maupun yang diakuisisi.

2. Melindungi Pasar

Ada kalanya akuisisi dilakukan karena ingin mengamankan pasar dari pesaing. Ketika sebuah perusahaan ingin memperkuat posisi pada market tertentu, mengakuisisi perusahaan pesaing dianggap dapat melindungi market yang ingin dikuasai

Persaingan bisnis yang cukup ketat menjadi salah satu alasan dilakukannya akuisisi. Ketika sebuah perusahaan ingin memperkuat posisi pada market tertentu, mengakuisisi perusahaan pesaing dianggap dapat melindungi market yang ingin dikuasai.

3. Memperkuat Bisnis Utama

Pengambilalihan pada perusahaan lain yang bergerak di bisnis yang sama pada akhirnya untuk dapat memperkuat bisnis inti (core bussines) suatu perusahaan sehingga menjadi akan lebih kuat dan besar.

4. Meningkatkan Resources

perusahaan yang melakukan akuisisi perusahaan lain, tentu saja akan meningkatkan sumber daya perusahaan. Dengan kapasitas karyawan yang lebih besar, itu memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan kinerja sehingga bisa memperoleh laba yang optimal.

5. Mengurangi Persaingan

akuisisi pada perusahaan yang bergerak di sektor bisnis yang sama, tentu saja akan mengurangi persaingan, karena mereka sudah bergabung menjadi satu kesatuan yang kuat. Dengan demikian, potensi untuk menggalang pesaing lain bisa lebih besar.

Nah, itulah beberapa alasan mengapa perusahaan startup banyak dicari. Dengan kamu membaca ini semoga bisa bermanfaat bagi kalian semua ya sob.

Nah, itulah beberapa alasan mengapa perusahaan startup banyak dicari. Dengan kamu membaca ini semoga bisa bermanfaat bagi kalian semua ya sob.

Untuk informasi lengkap tentang info lowongan kerja silahkan kunjungi Onkarir.com