Bisnis Online VS Bisnis Offline

April 16, 2020 Tips

Online atau Offline? Jaman sekarang ini lagi marak banget sama yang namanya bisnis online. Kali ini Onkarir akan membahas tentang 4 keunggulan bisnis online bila dibandingkan dengan bisnis offline. Yuk simak!




1.) Lokasi yang fleksibel

Keunggulan yang pertama adalah dari segi lokasi. Bagi para penggiat bisnis online lokasi bukanlah merupakan suatu hal yang harus pusing untuk dipikirkan.

Jika pada bisnis offline kita harus pusing memikirkan lokasi yang strategis, baiaya sewa toko, biaya listrik, air dsb, lain halnya dengan bisnis online yang hanya membutuhkan social media, website atau market place saja.

2.) Target market yang jauh lebih luas

Pada bisnis offline kita harus memikirkan lokasi toko yang strategis agar dapat dijangkau oleh para pembeli dengan mudah, belom lagi ketersediaan tempat parkir, akses angkutan umum dan sebagainya.

Dalam bisnis online, permasalahan tersebut tidak perlu masuk dalam daftar pusing kalian hehe..

Karena dalam bisnis online, internet dapat menjangkau bukan hanya nasional tapi juga international. Pelangganpun dapat menjangkau bisnis kalian dimanapun dan kapanpun.

3.) Biaya operasional jauh lebih hemat

Dalam bisnis offline lagi-lagi pikiran kita harus dibebankan dengan besarnya biaya operasional seperti harga sewa tempat, listrik, air, dekorasi, perabotan dan gaji karyawan.

Lain hal jika kalian adalah seorang penggiat bisnis online. Kalian mungkin hanya perlu memikirkan gaji karyawan sebagai admin (bila ada) dan biaya pembuatan website bagi yang menggunakan website sendiri tanpa perlu memikirkan biaya tambahan lain selain modal usaha kalian.

Tentunya biaya tersebut jauh lebih murah dibandingkan membangun toko offline, karena sekarang ini sudah banyak sekali jasa-jasa pembuatan website dengan harga yang terjangkau.

Sobat Onkarir bisa nih coba gunakan jasa dari PT. Artapuri Digital Mediatama untuk jasa pembuatan website. Di PT. Artapuri Digital Mediatama juga ga hanya ada jasa pembuatan website loh, ada Social Media Management dan juga ada Search Engine Optimization yang akan membuat website kalian bisa muncul di halaman pertama google saat para pelanggan mencari barang yang diinginkan. Bisa dapat banyak pelanggan kalo begini caranya hehe..

4.) Pelayanan 7 hari 24 jam

Beberapa bisnis offline memang ada yang menerapkan pelayanan 24 jam penuh, namun hal ini tentunya akan menambah pengeluaran gaji karyawan dan lain lain.

Sedangkan untuk bisnis online kalian tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan apapun untuk memiliki pelayanan 24 jam penuh. Pelanggan kalian dapat mengakses seluruh informasi mengenai produk-produk kamu kapanpun, dimanapun dan bahkan untuk pembelian pun dapat dilakukan kapanpun tanpa batasan waktu.

Sekarang temen-temen udah tau kan keuntungan-keuntungan dari bisnis online? Sebenarnya masih banyak banget keuntungan-keuntungan lainnya, tapi kali ini cukup kita bahas yang dasar-dasar nya aja ya sobat Onkarir.