Ini Solusi Agar Bisnis Anda Tetap Berjalan Saat Pandemi Corona

April 14, 2020 Tips

Hai sobat Onkarir, bagaimana keadaannya sehat semua ya? Jangan lupa untuk stay safe at home ya sobat!
Kali ini Onkarir mau bahas tentang dampak dari wabah Covid19 terhadap bisnis online maupun offline nih.




Pengaruh Terhadap Bisnis Offline

Ada yang toko atau tempat kulinernya masih tetap “Open” meski wabah Corona ini semakin memanas?
Tau ga nih sobat onkarir kalau masih ada kumpul-kumpul dengan jumlah yang banyak bisa dikenakan teguran dan berujung pada tindak pidana loh.

Hal ini jelas sekali berdampak pada toko-toko dan usaha kuliner yang mana saat kondisi normal pasti akan mendatangkan banyak orang untuk makan ditempat atau sekedar melihat lihat barang dagangannya. Sayangnya, saat ini semua itu sudah tidak bisa dilakukan. Alih alih dapat untung yang ada malah bisa dijadikan sebagai tindak pidana.
Banyak toko-toko yang sudah di himbau agar buka lebih singkat, tidak seperti jam operasional biasanya.
Jelas sangat membuat omset menurun ya sobat 🙁

Kalaupun tetap buka, masyarakatnya sudah pada dihimbau untuk stayhome. Yang ada sepi juga pembelinya. Selain omset menurun, bahan baku penjualan pun bisa jadi kadaluarsa ya.

Pengaruh Terhadap Bisnis Online

Berdasarkan kondisi saat ini, bisnis online lah yang lebih diuntungkan. Kenapa? karena para pengusaha tidak perlu mendatangkan orang secara real ke tokonya. Artinya untuk terjerat tindakan pidana bisa lebih terhindar daripada para pelaku bisnis offline.
Beberapa hal yang diperlukan oleh pelaku bisnis online saat ini adalah :

1.) Melakukan promosi dengan benar

Kebanyakan orang hanya mempromosikan produknya melalu mulut ke mulut antar sanak saudara ataupun kerabat. Tidak ada yang salah, tapi cobalah boost up promosi kalian dengan memanfaatkan media media yang ada.

Promosi pada jenis bisnis online sangatlah penting, bahkan ini adalah ujung tombak ketika kita sudah mempersiapkan segala hal yang akan kita jual. “Price > Place > Quality > Service > Promotion”. Tanpa promosi, sebaik apapun kita prepare akan percuma jika tidak ada orang yang tau. Maka dari itu promosi sangatlah penting untuk membuat produk jualan kalian diketahui oleh para pembeli.

Bagaimana sebaiknya promosi dilakukan?
Untuk saat ini sudah banyak sekali yang menggunakan social media, apalagi pandemi corona ini membuat seluruh dunia menerapkan pyisical distancing yang artinya antara orang yang satu dengan yang lainnya hanya bisa bersosialisasi melalu social media.
Sudah tau kan? Social media akan semakin meningkat jumlah orang yang menggunakannya, manfatkanlah social media untuk melakukan promosi dari produk-produk anda.

2.) Maksimalkan Digital Marketing

Sudah jelas ada banyak sekali social media dan website yang digunakan oleh seluruh masyarakat dunia mnulai dari Youtube, Facebook, Instagram, WhatsApp, dll

Manfaaatkan website dan semua platform-platform besar itu untuk dijadikan wadah promosi. Jika produk anda bersifat universal, gunakan lah semua social media yang kalian pahami agar produk anda dapat diporomosikan dan dikenal oleh semua kalangan, semua jenis kelamin, dan semua rentang usia.

artapuri.co.id

Namun jika produk anda merupakan barang khusus yang hanya pada kalangan tertentu sajalah yang dapat menggunakannya, anda tak perlu khawatir. Saat ini sudah banyak jasa-jasa di website yang menawarkan untuk mengiklankan produk anda agar dapat diketahui oleh para pengguna social media berdasarkan kriteria yang anda inginkan.

3.) Percantik tampilan produk anda di social media

Setelah kita tau beberapa strategi berbisnis secara online, itu artinya persaingan dengan kompetitor pun menjadi serba online. Jika pada bisnis offline sebuah service yang memuaskan adalah nilai plus bagi pelaku bisnis dalam hal menarik pelanggannya. Lalu bagaimana bisnis online dapat memberikan service yang memuaskan?

Ada beberapa hal yang perlu diketahui bagi para pelaku bisnis online agar dapat menarik perhatian para pelanggannya.

a.) Fast Respon

Para pelaku belanja online pasti akan lebih percaya dan tertarik pada pelayanan yang membalas chatnya dengan respon yang cepat dan ramah. Kebanyakan orang akan bertanya-tanya lebih dahulu terkait barang yang akan mereka beli. Jika balas chatnya saja sudah lama, pelanggan pun akan pergi. Selain fast respon, penyampaian informasi dan deskripsi pada produk pun harus detail ya sobat.

b.) Percantik Konten Produk

Pernah ga kalian akan membeli suatu produk di market place atau social media lainnya, lalu kalian menemukan foto/konten gambar produk yang sama dengan toko online sebelah? atau setelah kroscek di google pun fotonya muncul dan sama percis?

Kebanyakan para pembeli online akan ragu jika menemukan hal seperti itu, karena bisa ternilai bahwa penjual tidaklah membuat konten atau gambar original. Bisa jadi ini sebuah penipuan.
Pembeli bisa kabur deh..
Nah langkah yang tepat adalah kalian harus meyakinkan customer bahwa produk yang anda jual sangatlah original dengan cara membuat konten atau gambar produk kalian menjadi menarik. Karena dengan tampilan yang cantik dapat membuat mata para pembeli menjadi “lapar” dan tanpa kesadaran penuh mereka bisa saja jadi membeli produk kita loh.

Mempercantik konten anda juga menjadi nilai plus tersendiri bagi toko anda, keseriusan dan kesungguhan anda dalam menjual produk dapat terlihat dari bagaimana anda menyajikan produk anda dalam design yang menarik sehingga itu menjadi sebuah keyakinan bagi pembeli untuk mendapatkan barang yang diinginkannya hanya di toko online anda.
Bersiaplah menjadi designer dadakan ya sobat onkarir! hehehe..

Mungkin itu sebagian kecil dan tips dari Onkarir untuk sobat semua yang sedang resah menjalankan bisnisnya saat ini.
Semoga dapat membantu. Tetap stay safe at home ya sobat!

SOLUSI PASTI

Agar konten social medianya dapat dipercantik, mungkin bagi sebagian teman-teman saat ini ada yang bingung harus kursus design dimana? Atau harus rekruitmen designer konten dan memberi gaji berapa? Mungkin juga bingung mencari programmer untuk membuat website toko onlinenya?

Kali ini Onkarir akan kupas tuntas permasalahan kalian!

Teman-teman bisa gunakan jasa Digital Marketing dari PT. Artapuri Digital Mediatama

Tak perlu repot, tinggal konsultasikan saja dan biarkan tim dari PT. Artapuri Digital Mediatama yang akan membereskan semuanya.

Tak perlu lagi repot mencari tempat kursus atau menggaji karyawan baru sebagai Social Media Management kalian. Kalian jadi bisa fokus deh mengemmbangkan ide ide menarik atau meningkatkan kualitas dari produk-produk yang akan dijual, bisa juga jadi lebih fokus untuk menambahkan inovasi lainnya. Untuk aspek promosi serahkan saja ke PT. Artapuri Digital Mediatama

Karena PT. Artapuri Digital Mediatama merupakan Digitral Marketing Agency berbadan hukum yang resmi, maka tingkat keamanan dan tanggung jawabnya tak perlu diragukan lagi.