Istilah populer yang wajib diketahui saat pandemi covid19

May 2, 2020 General,Tips

Seperti inilah kondisi bumi kita, makhluk yang sangat kecil ini berhasil membuat seluruh penduduk bumi geger.

Semua masyarakat dunia ikut serta dalam membantu memerangi virus corona ini, baik tenaga ahli kesehatan, pemerintah , bahkan warga masyarakat pun turut andil dalam hal ini.

Kita pun semakin gencar mencari tahu tentang sosok makhluk ini, berikut Onkarir bahas istilah-istilah yang wajib diketahui selama pandemi covid19 ini.




1.) Wabah

Wabah adalah tingkat kejadian penyakit yang lebih tinggi dari normal.

2.) Epidemi

Epidemi adalah situasi di mana penyakit menyebar dengan cepat di antara banyak orang, dan dalam konsentrasi yang lebih tinggi dari biasanya. Namun, ini dalam skala yang lebih kecil daripada pandemi.

3.) Pandemi

Pandemi adalah penyakit yang lazim di seluruh negara, benua, atau seluruh dunia. Pandemi adalah epidemi yang telah menyebar di wilayah yang luas.
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) secara khusus menggunakan pandemi untuk merujuk pada penyakit baru yang orang tidak miliki kekebalannya dan yang telah menyebar ke seluruh dunia. WHO telah menyatakan corona Covid-19 sebagai pandemi.

5.) COVID-19

Nama teknis untuk coronavirus adalah SARS-CoV-2. Penyakit pernapasan yang disebabkannya telah dinamai ” penyakit coronavirus 2019,” atau Covid-19.

6.) Novel

Novel berarti ” baru”. Jadi, Novel Corona Virus adalah jenis yang belum terdeteksi pada manusia sebelumnya.

7.) PDP

Status PDP atau Pasien Dalam Pengawasan juga bisa dikatakan memiliki indikasi atau diketahui pernah melakukan kontak secara langsung dengan pasien yang positif Virus Corona Covid-19.

Status PDP diberikan kepada mereka yang memiliki gejala virus corona, Covid-19, yang kita ketahui secara umum seperti panas badan dan gangguan saluran pernapasan.

Gangguan saluran pernapasan itu bisa ringan atau berat, serta pernah berkunjung ke atau tinggal di daerah yang diketahui merupakan daerah penularan virus corona Covid-19.

Sehingga, untuk hal ini disarankan orang tersebut dengan status PDP untuk menjaga jarak dengan kebanyakan orang terdekatnya untuk mencegah penularan yang lebih banyak.

8.) ODP

Status ODP atau Orang Dalam Pemantauan diberikan kepada mereka yang memiliki riwayat dari luar atau dalam negeri yang areanya terkonfirmasi ada kasus virus corona.

Orang masuk dalam kriteria ODP jika mengalami gejala panas badan atau gangguan saluran pernapasan ringan, dan pernah mengunjungi atau tinggal di daerah yang diketahui merupakan daerah penularan virus tersebut. Selain itu, bisa juga orang sehat yang pernah kontak erat dengan kasus terkonfirmasi virus corona Covid-19.

Seperti contohnya dalam hal ini biasanya, orang yang masuk dalam kelompok atau kategori ODP belum menunjukkan gejala sakit akibat virus corona. Namun, jangan sepele juga perihal ini, karena faktanya untuk kasus terbaru dari virus corona Covid-19 sendiri terkadang bisa saja pasien yang terinfeksi tidak mengalami gejala dasar yang diungkapkan sebelumnya.

9.) Suspect Corona

Status Suspect Corona diberikan kepada pasien yang diduga kuat terinfeksi dengan virus corona Covid-19. Ciri-ciri orang yang masuk pada kategori ini adalah yang sedang mengalami gejala-gejala dan juga pernah melakukan kontak dengan pasien yang dinyatakan positif terkena vVirus corona Covid-19.

10.) Lockdown

Lockdown adalah situasi yang melarang warga untuk masuk ke suatu tempat karena kondisi darurat. Lockdown juga bisa berarti negara yang menutup perbatasannya, agar tidak ada orang yang masuk atau keluar dari negaranya.

11.) Social Distancing

Social Distancing adalah langkah-langkah yang diambil untuk memberikan jarak antarorang untuk memperlambat penyebaran virus.

12.) Physical Distancing

Physical Distancing adalah kebijakan menjaga jarak fisik untuk memastikan penyakit tidak menyebar. Pada 20 Maret 2020, WHO resmi mengganti frasa social distancing menjadi physical distancing.

Alasannya, penggantian frasa ini untuk mengklarifikasi bahwa terdapat perintah tetap tinggal di rumah guna mencegah penyebaran virus corona. Kendati demikian, hal ini tidak berarti bahwa seseorang memutus kontak dengan orang lain secara sosial.

Itu tadi beberapa istilah-istilah yang populer digunakan saat pandemi covid19 ini ya sobat.

Tetap berhati-hati dan jaga imune tubuh tetap prima ya selama pandemi covid19 ini. Dukung pemerintah kita dalam menangani pandemi covid19 ini dengan cara mengikuti aturan supaya tetap #dirumahaja

Untuk info lowongan kerja bisa kunjungi Onkarir
Bagi kalian yang ingin boost social medianya bisa langsung ke JasaViral