Jangan Karena Gengsi Jadi Salah Jurusan, Ini Tipsnya!

October 21, 2019 Tips

Dewasa ini masih banyak mahasiswa yang salah masuk jurusan, entah dikarenakan minimnya riset terhadap jurusan yang dia masuki atau kuliah karena paksaan orang tua dan bukan karena kemauan sendiri. Apabila permasalahannya karena kurang riset, Anda dapat berdikusi dengan orang yang berkuliah di jurusan tersebut, bisa dari senior angkatan, atau saudara / kerabat.




Jika permasalahannya karena paksaan orang tua ini yang tergantung. Bisa jadi orang tua menginginkan anaknya yang terbaik, beliau tau akan menjadi apa anaknya nanti setelah lulus, semacam punya planing kedepan. Tapi yang bahaya jika orang tua yang hanya mementingkan gengsi tanpa persiapan matang kedepan setelah anaknya lulus ingin jadi apa. Umumnya yang mementingkan gengsi akan asal pilih jurusan, yang penting kuliah di perguruan tinggi bonafit.

Jurusan apa ya?

Tips pilih jurusan

  1. Kenali minat bakatmu
    Akan sulit rasanya jika kamu kuliah dibidang yang berlawanan dengan minat dan bakat kamu. Kamu bisa tau apa minat dan bakat kamu bisa dari nilai akademik di sekolah kamu, nilai apa yang paling menonjol, apakah kamu suka pelajaran tersebut atau tidak. Misalnya kamu suka kimia, jika kamu lebih suka hal teknikal dan ingin kerja di pabrik maka jurusanmu adalah Teknik Kimia, tapi jika kamu suka kimia dan suka mengajar dan teori-teorinya maka jurusanmu adalah Kimia Murni (MIPA)

    Selain dari pelajaran akademik, juga bisa dari bakat kamu, misalnya kamu jago dan suka gambar, jurusan yang cocok untuk kamu bisa Design produksi, Arsitek, dan jurusan design lainnya disesuaikan lagi lebih spesifik gambar apa yang sering buat.

  2. Akreditasi
    Akreditasi terbagi menjadi dua, ada akreditasi perguruan tinggi, ada akreditasi jurusan. Usahakan cari perguruan tinggi dan jurusan yang terakreditasi A karena secara kualifikasi BANPT sudah baik. Untuk list akreditasi perguruan tinggi terupdate dapat dilihat pada situs BANPT Akreditasi Institusi, sedangkan untuk akreditasi jurusan terupdate dapat dilihat pada situs BANPT Akreditasi Prodi.
  3. Tujuan
    Apa sih tujuanmu kuliah? Mencari pekerjaan atau untuk mendapatkan ilmunya? Kalau sekedar mencari pekerjaan, analisa bidang pekerjaan apa yang akan dibutuhkan setidaknya 5 tahun mendatang ketika kamu lulus kuliah nanti.

    Setelah itu pilih perguruan tinggi dan jurusan yang memiliki akreditasi A (paling baik), agar kamu tidak kesulitan mencari lowongan yang memiliki persyaratan akreditasi.

Kesimpulan

Apapun jurusan nya selama sesuai minat dan bakat, kuliah bukan menjadi beban lagi, dan ilmu yang kalian dapatkan akan bermanfaat dan bisa kalian aplikasikan di kehidupan sehari-hari.

Selama masih sekolah dibangku SMA kalian bisa juga menambah prestasi dengan cara mengikuti perlombaan atau olimpiade yang bisa kalian dapatkan di kategori info lomba Onkarir, update setiap hari. Bisa juga untuk mencari lowongan kerja part time untuk menambah uang saku dan protofolio pengalaman kerja kamu, atau mencari lowongan kerja full time dari BUMN maupun Swasta.