Pentingnya Mempunyai Emotional Intelligence Pada Dunia Pekerjaan

December 11, 2020 Uncategorized

Emotional intelligence adalah kemampuan seseorang dalam menggunakan dan memahami emosi (baik emosi orang lain maupun emosi diri sendiri) dengan tujuan meningkatkan kesehatan fisik dan mental. Seseorang dengan emotional intelligence yang baik mampu mengontrol emosi saat marah, peka terhadap perasaan orang lain, dsb.




Setiap orang mempunyai kemampuan emosional yang berbeda. Beberapa orang mempunyai emotional intelligence cukup baik, sementara ada yang menghadapi kesulitan untuk membangun emotional intelligence yang baik. Sebuah penelitian mengemukakan bahwa emotional intelligence yang tinggi jika dibandingkan dengan kemampuan akademik, berdampak pada ketahanan kesehatan fisik dan mental yang dimiliki dan memengaruhi kesuksesan di dunia pekerjaan. Berikut beberapa langkah untuk meningkatkan emotional intelligentce:

1.Penuh perhatian dan peduli 

Perhatian dan peduli bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Menanyakan kabar saat melihat salah satu teman yang murung, merupakan suatu tindakan kecil untuk menunjukan bahwa Anda cukup peduli dengan orang-orang sekitar.

2. Peka terhadap orang-orang di sekitar 

Jika rekan kerja Anda sedang terlihat kewalahan dengan tugasnya, ada baiknya Anda bertanya adakah hal yang bisa dibantu untuk meringankan bebannya. Dengan begitu, orang lain akan merasa dibantu dan senang akan kehadiran Anda yang sangat membantu tugas-tugasnya.

3. Memotivasi Diri Sendiri

Dengan pikiran yang positif, Anda dapat selalu menanamkan pikiran yang positif pula dan tidak mudah merasa pesimis akan suatu hal, atau bahkan merasa putus asa. Pikiran yang positif mengenai diri sendiri sangat berguna untuk memberi motivasi dan cara membahagiakan diri sendiri ketika kondisi mental sedang menurun. 

4. Mengekspresikan Emosi

Cara Meningkatkan Kecerdasan Emosional selanjutnya adalah dengan mampu mengekspresikan emosi. Ketika kita telah mampu mengendalikan emosi yang dirasakan, maka akan mudah untuk mengontrol ekspresi diri sendiri. Kita akan mampu menahan diri untuk tidak bertindak berdasarkan dorongan emosi negatif dan memberi respon yang tepat untuk berbagai situasi sehingga menjadi cara meningkatkan rasa percaya diri.

5. Membuka Pikiran

Salah satu jalan untuk mencapai kecerdasan emosi adalah jika Anda dapat berpikiran terbuka terhadap berbagai kritik dan saran yang datang. Orang yang menolak pendapat orang lain dan hanya mau memegang pendapatnya sendiri adalah orang yang mempunyai kecerdasan emosi rendah, karena tidak mau memperbaiki kekurangan dirinya.

Nah, itu dia beberapa langkah meningkatkan Emotional intelligence sangat bermanfaat bukan?

Terlebih lagi, emotional intelligence yang berkualitas cukup diperhitungkan di dunia pekerjaan lho, Rekan Kerja. Baik atau tidaknya pekerjaan yang Anda lakukan secara tidak langsung dipengaruhi oleh kualitas emotional intelligence yang Anda miliki.

Untuk informasi lengkap tentang info lowongan kerja silahkan kunjungi Onkarir.com